Implementasi Strategi Peer Lessons pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 MI Salafiyah Kendal dan MI Tarbiyatul Banin Kabupaten Boyolali

Sera Kania Sari, Oktio Frenki Biantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji menganalisis (1). perencanaan dalam menggunakan strategi peer lessons pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5, (2). pelaksanaan dalam menggunakan strategi peer lessons pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5, (3). evaluasi dalam menggunakan strategi peer lessons pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokmentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Perencanaan dalam menggunakan strategi peer lessons pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 MI Tarbiyatul Banin Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali dan MI Salafyah Kendal yaitu penyiapan Rencana Pelakasanan Pembelajaran (RPP), penyiapan media pembelajaran, dan penyiapan strategi peer lessons pada mata pelajaran IPA. (2). Pelaksanaan dalam menggunakan strategi peer lessons pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 MI Kecamatan Tarbiyatul Banin Gladagsari Kabupaten Boyolali dan MI Salafyah Kendal yaitu langkah-langkah pelaksanaan strategi peer lessons, pengkondisian saat melaksanakan strategi peer lessons, dan perbedaan strategi peer lessons dengan strategi lain. (3). Evaluasi pelaksanaan strategi peer lessons pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 MI Tarbiyatul Banin Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali dan MI Salafyah Kendal yaitu pada keaktifan, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam menggunakan strategi peer lesson


Keywords


peer lessons; mata pelajaran ipa; mi salafiyah kendal; mi tarbiyatul banin

Full Text:

PDF

References


Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap. “164 Pembelajaran Kontemporer” (Pusat Penerbitan LPPM : 2022)

Anggara et al. “Aplication of Electronic, Learning by Utilizing Virtual Reality (VR) and Augmented Reality (AR) Methods in Natural Sciences Subjects (IPA) in Elementary School Students Grade 3” Jurnal Teknologi Pendidikan (2021) 58 – 69

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Arin Tentrem Mawati et. al “Strategi Pembelajaran”. (Yayasan Kita Menulis : 2021)

Azimi et. al. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pancasakti Science Education Journal.(Universitas Negeri Semarang 2017)

Sujana et. Al. “ Literasi Kimia Mahasiswa PGSD dan Guru IPA Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (2014)

I Made Alit Mariana dan Wandy Praginda, Hakikat IPA dan Pendidikan IPA (Bandung : PPPPTKIPA, 2009).

Daryanto, Syaiful Karim. ”Pembelajaran Abad 21”. (Gava Media : 2017)

Dwijayanti E. “ Penerapan Strategi Aktif Tipe Peer Lessons Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.(2016)

Eni Kusrini. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Peer Lessons” (NEM : 2022)

Fitrah et al. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima”. (Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 2019)

Dahlia et al. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 94 Karampuang Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto”. (Universitas Makassar, 2020) 4-5

Irwan Budiana et. al. “Strategi Pembelajaran”. (CV. Literasi Nusantara Abadi, Malang : 2022)

M. Hosnan. “Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21”. (Ghalia Indonesia : 2014)

Mudjiono et. al. “Belajar dan Pembelajaran” (Jakarta: PT Rineka Cipta : 2013)

Nisa, I. A., & Kusumawati, E. R. (2023). Pembelajaran IPA berbasis Asynchronous Learning pada Materi Tata Surya di SD Islam Kurma Salatiga. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(4), 414-422.

Nurdyansyah dan Fitri Amalia “ Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPA materi Ekosistem” (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018)

Piko Haswadi. “Implementasi Strategi Active Learning Tipe Peer Lessons Dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bukit Tinggi” Almufi Jurnal Pendidikan (2021) 171-172

Rizki Wahyuningtyas et. al., “Pentingnya Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan”. (Universitas Kristen Satya Wacana: 2020)

Rohani, S., & Kusumawati, E. R. (2023). Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas VI dalam Membuat dan Menggunakan Alat Praktikum IPA pada Materi Rangkaian Listrik. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 168-174.

Sri Wahyuningsih. “Metode Penelitian Studi Kasus”. (UTM Press : 2013) Mamik. “Metodelogi Kualitatif”. (Zifatama Publisher : 2014)

Miles dan Huberman. “Analisis Data Kualitatif” (Universitas Indonesia Press : 1992)

Zuhri Abdussamad. “Metode Penelitian Kuantitatif”. (CV Syakir Media Press

:2021)




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 sera kania sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License