Etika Siswa dengan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Moral Era Industri 4.0 di MAN 2 Tengaran

Solihin Solihin

Abstract


Penelitian ini fokus pada analisis perilaku siswa terhadap guru PAI dalam konteks pembentukan moral di MAN 2 Tengaran serta mengevaluasi pendekatan yang relevan dengan era industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Tengaran memprioritaskan nilai-nilai agama dalam pendidikannya, memperkuat peran sekolah sebagai penjaga moralitas siswa terhadap guru. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam komunikasi antara siswa dan guru PAI, seperti kebisingan kelas, daya khayal siswa yang tinggi, kedekatan yang berlebihan, dan kurangnya antusiasme siswa dalam belajar. Dalam menghadapi era industri 4.0, beberapa pendekatan disarankan, termasuk menjaga hubungan kemanusiaan antara guru dan siswa, mendorong pembelajaran mandiri, menekankan konten autentik dalam pendidikan agama Islam, dan mengatasi tantangan yang muncul dari pengaruh dunia virtual network dalam pendidikan agama Islam.

Keywords


etika siswa; guru pai; moral; era industri 4.0.

Full Text:

PDF

References


Cindy, Nana Coline. (2012). Analisis Penilaian Penerapan Management Kompetensi pada Karyawan Universittas Bunda Melia Bussiness & Management. Journal Bunda Mulia. Vol. 8 No. 2.

Delsing, J. (2017). Iot Automation Arrowhead Framework. London New York: CRC Press Taylor & Francis Group.

Djamaroh, S.B. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamaroh, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

FORKOMSI FEB UGM. (2019). Revolusi Industri 4.0., Sukabumi: Jejak Anggota IKAPI.

Febriana, E., Fauzi, A., & Herwati, H. (2023). Metode Assesment Guru PAI Terhadap Pengembangan Karakter Moral Keagamaan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(3), 264-274.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Istiana, I., Aziz, A., & Arobi, I. (2023). Implementasi Metode Al-Miftah Pada Materi PAI Dalam Kitab Fathul Qorib Di Pondok Pesantren Ar-Rofi’iyyah Semampir. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 70-75.

Mariana, R., Elita, F. M & Mulyana, S. (2019). The Future of Organizational Communication In The Industrial Era 4.0. : Mengemas Iklim Komunikasi Organisasi Berbasis Human Relations dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Bandung: IKA-UNPAD Media Akselerasi Anggota IKAPI.

Marliani, R. (2015). Psikologi Industri & Organisasi. Jakarta: Pustaka Setia.

Meleong, J. Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulawarman & Nurfitri, A.D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25 (1), 36-44.

Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Era Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Pranowo. (2009). Berbahasa Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso, A. Z. S., Fatimah, S. D., & Inayati, N. L. (2023). Inovasi Tes Obyektif Pada Evaluasi Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Pada Mata Pelajaran PAI. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 707-718.

Qodri, A., & Azizy, A. (2003). Pendidikan (Agama) Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan dan Bermanfaat). Semarang: CV Aneka Ilmu.

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Malang: Tim UB Press.

Soedarsono, S. (2013). Membangun Kembali Jati Diri Bangsa. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zain, A. M., & Nursikhin, M. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Stratifikasi Orang Tua Terhadap Minat Belajar Pai Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Mediasi Di SMP. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 572-582.

Zamroni, M. (2009). Perkembangan Teknologi Informasi dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. DAKWAH, X (2), 195-211.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Solihin Solihin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License