Tawassuth dalam Konteks Pendidikan Islam Wasathiyah: Menuju Masyarakat yang Seimbang dan Toleran

Umniatuz Zahro, Mukh. Nursikin

Abstract


Artikel ini membahas tantangan pendidikan Islam Wasathiyah dalam menghadapi polarisasi ideologis dan intoleransi dalam masyarakat Islam. Pendidikan Islam Wasathiyah, yang berbasis pada prinsip tawassuth (moderasi), seharusnya mempromosikan keseimbangan dan toleransi. Namun, di lapangan, berbagai faktor mengancam esensi pendidikan ini. Polarisasi ideologis dan perbedaan praktik keagamaan dalam masyarakat Islam telah menciptakan ketidakseimbangan dan konflik. Pendidikan Islam Wasathiyah seharusnya dapat mengatasi konflik ini, tetapi seringkali menjadi instrumen pemisahan antar kelompok. Tantangan terhadap toleransi juga merintangi proses pembelajaran yang inklusif. Artikel ini menyelidiki dampak polarisasi dan intoleransi terhadap pendidikan Islam Wasathiyah dan menguraikan langkah-langkah konkret menuju masyarakat yang seimbang dan toleran, sesuai dengan prinsip tawassuth. Indonesia, dengan keberagaman masyarakatnya, memiliki tantangan kompleks dalam mengelola perbedaan agama. Istilah "muslim moderat" digunakan untuk mengklarifikasi ajaran Islam yang sebenarnya. Pendidikan Islam Wasathiyah berperan penting dalam membentuk karakter dan nilai masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Artikel ini menguraikan konsep tawassuth dalam berbagai bidang, termasuk akidah, ibadah, dan akhlak. Pendidikan Islam Wasathiyah berusaha menjaga keseimbangan dalam aspek-aspek ini. Pengertian tawassuth mencakup keadilan, pertengahan, dan keseimbangan. Artikel ini juga menggambarkan bagaimana tawassuth diterapkan dalam bidang akidah, ibadah, dan akhlak. Pendidikan Islam Wasathiyah menjadi solusi dalam mengatasi polarisasi dan intoleransi dalam masyarakat Islam, dengan mempromosikan sikap moderat dan toleransi.

Keywords


pendidikan islam wasathiyah; tawassuth; moderat; polarisasi; toleransi; karakter; nilai

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. T., Alamudi, I. A., & Sa’dah, R. T. (2023). Moderasi Beragama Menjawab Intoleransi di Dalam Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 4 Tahun 2005. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.53627/jam.v9i2.5021

Abdullah, S. D. A., & Alfatra, S. (2019). Narration of Islamic Moderation: Counter over Negative Content on Social Media. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 4(2), 153–164. https://doi.org/10.18326/mlt.v4i2.153-164

ABROR, MHD. (2020). MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Abu, A., Wekke, I. S., & Mokodenseho, S. (2021). Moderasi Beragama Perspektif Muhammad Jusuf Kalla. Query date: 2024-01-26 10:39:51. https://doi.org/10.31219/osf.io/ad296

Afwadzi, B. (2020). Membangun moderasi beragama di Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan parenting wasathiyah dan perpustakaan Qur’ani. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 106–120. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2647

Aini, N., Aulia, I., & Zulfahmi. (2022). Melawan Intoleransi dan Ekstremisme Media Sosial: Inovasi Kampanye Moderasi Beragama Kanal Youtube Labpsa Tv. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 3(1), 69–81. https://doi.org/10.22373/jsai.v3i1.1687

Akmansyah, M. (2017). Membangun Toleransi Dalam Perspektif Pendidikan Spiritual Sufistik. Kalam, 10(2). https://doi.org/10.24042/klm.v10i2.12

Allan, G. (2020). Qualitative research. Dalam Handbook for research students in the social sciences (hlm. 177–189). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781003070993-18/qualitative-research-graham-allan

Ardiansyah, A. A., & Erihadiana, M. (2022). Strengthening Religious Moderation as A Hidden Curriculum in Islamic Religious Universities in Indonesia. Nazhruna, 5(1). https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.1965

Baidhawy, Z. (2021). Reconstructing the Integration between Islam and Wasathiyyah Based Social Science: An Epistemological Approach. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 6(1), 35–52. https://doi.org/10.18326/mlt.v6i1.5976

Busyro, B., Ananda, A. H., & Adlan, T. S. (2019). Moderasi Islam (Wasathiyyah) di Tengah Pluralisme Agama Indonesia. Jurnal Fuaduna, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30983/fuaduna.v3i1.1152

Byrd, R. (2020). Qualitative research methods. Virtual Class, Memphis. Recuperado em, 17. https://www.memphis.edu/jrsm/syllabi/syllabi_pages/syllabi_pdfs/2020_fall/jrsm7085.001.m50.byrd.fall2020.pdf

Damana, I. K. (2023). Harmoni Keberagaman pada Pemahaman Moderasi Beragama dan Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan di Vihara Siddharta Tangerang. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 131–131. https://doi.org/10.22373/arj.v3i2.18438

Derung, T. N., Resi, H., & X, I. P. (2023). Toleransi dalam bingkai moderasi beragama: Sebuah studi kasus pada kampung moderasi di Malang Selatan. KURIOS, 9(1), 52–52. https://doi.org/10.30995/kur.v9i1.723

Ebrahimi, M., Yusoff, K., & Ismail, R. (2021). Middle East and African Student (MEAS) perceptions of Islam and Islamic moderation: A case study. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(1), 55–80. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i1.55-80

Ekawati, E., Suparta, M., Sirin, K., Maftuhah, M., & Pifianti, A. (2019). Moderation of Higher Education Curriculum in Religious Deradicalization in Indonesia. Tarbiya : Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.14886

Flick, U., Von Kardorff, E., & Steinke, I. (2004). What is qualitative research? An introduction to the field. A companion to qualitative research, 1, 3–11.

Helmy, M. I., Kubro, A. D. J., & Ali, M. (2021). The understanding of Islamic Moderation (wasatiyyah al-Islam) and the hadiths on inter-religious relations in the Javanese pesantrens. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 377–401. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.351-376

Jannah, I. N., Rodliyah, R., & Usriyah, L. (2023). Cultural Transformation in Religious Activities Based on Ahlussunnah Wal Jama’ah Values in Islamic Boarding Schools. Nazhruna, 6(2). https://doi.org/10.31538/nzh.v6i2.3404

Kasdi, A. (2019). Wasathiyyah Islam as the Road to Moderatism in Indonesia. Al-Albab, 8(2), 179–192. https://doi.org/10.24260/alalbab.v8i2.1356

Lichtman, M. (2023). Qualitative research in education: A user’s guide. Routledge.

Nasir, M., & Rijal, M. K. (2021). Keeping the middle path: Mainstreaming religious moderation through Islamic higher education institutions in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 213–241. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.213-241

Nikmah, F. (2018). IMPLEMENTASI KONSEP AT TAWASUTH AHLUS- SUNNAH WAL JAMA’AH DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (STUDI ANALISIS KHITTAH NAHDLATUL ULAMA). Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.720

Nugraha, R. M., & Sandhubaya, G. (2023). Ahlussunnah Wal Jama’ah Communication Forum is an Islamic Political Organizational Movement in Legal Studies. Jurnal Cakrawala Hukum, 14(2), 212–222. https://doi.org/10.26905/idjch.v14i2.10174

Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212–222. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224

Saihu, M. (2021). PEDIDIKAN MODERASI BERAGAMA: KAJIAN ISLAM WASATHIYAH MENURUT NURCHOLISH MADJID. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 16–34. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i01.151

Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Preservasi Moderasi Beragama di Indonesia Melalui Pengamalan Konsep Keniscayaan Keberagaman. Query date: 2024-01-26 10:39:51. https://doi.org/10.31219/osf.io/wnxqb

Shodiq, S. (2015). Transmisi Ideologi Ahlussunnah Wal Jama’ah: Studi Evaluasi Pembelajaran Ke-Nu-an di SMA Al-Ma’ruf Kudus. Nadwa, 9(2), 183–198. https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.2.523

Supriadi, U., Islamy, M. R. F., & Faqihuddin, A. (2023). Internalization of Wasathiyyah Values in Efforts to Enhance the Religiosity and Tolerance of Students Based on Mentoring: An Exploratory Study of the UPI Tutorial Program. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25217/ji.v8i2.2747




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 umnia tuz zahro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License