Kontemplasi Pemikiran Wasathiyyah dalam Pendidikan Islam
Abstract
Dalam konteks pendidikan Islam, pemikiran Wasatiyyah menonjolkan prinsip-prinsip keadilan, kebebasan berpikir, dan pengetahuan umum. Hal ini menjadikannya sebagai sumber inspirasi utama bagi para pemikir dan praktisi pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai tantangan era modern. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dan kajian literatur sebagai pendekatan utamanya. Analisis literatur, termasuk buku-buku dan sumber-sumber daring, menjadi elemen integral dalam upaya mendalam untuk memahami bagaimana konsep Wasatiyyah dalam konteks pendidikan Islam mendorong umatnya mencapai keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan. Pemikiran Wasatiyyah memiliki dampak yang signifikan dalam hal ini karena mengusung gagasan bahwa pendidikan Islam harus memadukan nilai-nilai agama dengan tuntutan dunia modern untuk menciptakan harmoni yang berkelanjutan. Penelitian ini berupaya untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang kontribusi pemikiran Wasatiyyah dalam pengembangan pendidikan Islam yang relevan di era saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Y. (2022). Studi Komparatif Pemikiran Tasawuf Buya Hamka Dan Harun Nasution (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Arif, K. M. (2020). Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 11(1), 22-43.
Baidhawy, Z. (2021). Reconstructing the Integration between Islam and Wasathiyyah Based Social Science: An Epistemological Approach. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 6(1), 35–52. https://doi.org/10.18326/mlt.v6i1.5976
Busyro, B., Ananda, A. H., & Adlan, T. S. (2019). Moderasi Islam (Wasathiyyah) di Tengah Pluralisme Agama Indonesia. Jurnal Fuaduna, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30983/fuaduna.v3i1.1152
Diyani, T. (2019). Implementasi Paradigma Islam Wasathiyah; Strategi Menjaga Masa Depan Keindonesiaan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(3), 303-316.
Fauzi, A. N., & Nursikin, M. (2023). Potret Pendidikan Nilai Dilembaga Pendidikan Islam. Afeksi, 4(4), 315–329. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.135
Fauzi, F. (2022). Understanding Wasathiyyah In The Book Of Al-Qur’an Al-Karim Dan Terjemahan Bebas Bersajak Dalam Bahasa Aceh. Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 45(2), 189–206. https://doi.org/10.30821/miqot.v45i2.831
Janhari, M. N., & Khumaero, S. I. (2023). Konsep Wasathiyyah Menurut Sayyid Quthb dalam Kitab Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an (Analisa Sosiologi Pengetahuan Peter Ludwig Berger). Jurnal Semiotika-Q, 3(1), 33–55. https://doi.org/10.19109/jsq.v3i1.18328
Kasdi, A. (2019). Wasathiyyah Islam as the Road to Moderatism in Indonesia. Al-Albab, 8(2), 179–192. https://doi.org/10.24260/alalbab.v8i2.1356
Kerwanto, K. (2022). Dasar-Dasar Moderasi dalam Epistemologi Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Studi Al-Quran, 18(1), 91–110. https://doi.org/10.21009/JSQ.018.1.05
Prayitno, N. H., & Nursikin, M. (2023). Islam Wasathiyyah Sebagai Pendidikan Karakter. Afeksi, 4(6), 685–692. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.191
Priatmoko, S., Syafi'aturrosyidah, M., & Zumaroh, Z. (2019). Meneguhkan Islam Wasathiyah Melalui Pembudayaan Dialog Lintas Agama di Madrasah. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 18-32.
Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212–222. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224
Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna, 3(1). https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Saihu, M. (2021). PEDIDIKAN MODERASI BERAGAMA: KAJIAN ISLAM WASATHIYAH MENURUT NURCHOLISH MADJID. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 16–34. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i01.151
Suhada, D., Ridwan, W., Ahmad, N., Suhartini, A., Ahyani, H., & Mutmainah, N. (2022). Menguak Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Di Indonesia Perspektif Islam Dan Barat Dalam Menjawab Tantangan Masa Depan. Al-Iltizam, 7(1), 199–212. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3022
Supriadi, U., Islamy, M. R. F., & Faqihuddin, A. (2023). Internalization of Wasathiyyah Values in Efforts to Enhance the Religiosity and Tolerance of Students Based on Mentoring: An Exploratory Study of the UPI Tutorial Program. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25217/ji.v8i2.2747
Syam, M. B. (2018). Islam Wasathiyah Dalam Perspektif Sosiologi. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(2), 197-213.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anis Maghfiroh, Mukh Nursikin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License