Kontemplasi Pemikiran Wasathiyyah dalam Pendidikan Islam

Anis Maghfiroh, Mukh Nursikin

Abstract


Dalam konteks pendidikan Islam, pemikiran Wasatiyyah menonjolkan prinsip-prinsip keadilan, kebebasan berpikir, dan pengetahuan umum. Hal ini menjadikannya sebagai sumber inspirasi utama bagi para pemikir dan praktisi pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai tantangan era modern. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dan kajian literatur sebagai pendekatan utamanya. Analisis literatur, termasuk buku-buku dan sumber-sumber daring, menjadi elemen integral dalam upaya mendalam untuk memahami bagaimana konsep Wasatiyyah dalam konteks pendidikan Islam mendorong umatnya mencapai keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan. Pemikiran Wasatiyyah memiliki dampak yang signifikan dalam hal ini karena mengusung gagasan bahwa pendidikan Islam harus memadukan nilai-nilai agama dengan tuntutan dunia modern untuk menciptakan harmoni yang berkelanjutan. Penelitian ini berupaya untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang kontribusi pemikiran Wasatiyyah dalam pengembangan pendidikan Islam yang relevan di era saat ini.


Keywords


wasathiyyah; pemikiran; pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Agustina, Y. (2022). Studi Komparatif Pemikiran Tasawuf Buya Hamka Dan Harun Nasution (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Arif, K. M. (2020). Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 11(1), 22-43.

Baidhawy, Z. (2021). Reconstructing the Integration between Islam and Wasathiyyah Based Social Science: An Epistemological Approach. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 6(1), 35–52. https://doi.org/10.18326/mlt.v6i1.5976

Busyro, B., Ananda, A. H., & Adlan, T. S. (2019). Moderasi Islam (Wasathiyyah) di Tengah Pluralisme Agama Indonesia. Jurnal Fuaduna, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30983/fuaduna.v3i1.1152

Diyani, T. (2019). Implementasi Paradigma Islam Wasathiyah; Strategi Menjaga Masa Depan Keindonesiaan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(3), 303-316.

Fauzi, A. N., & Nursikin, M. (2023). Potret Pendidikan Nilai Dilembaga Pendidikan Islam. Afeksi, 4(4), 315–329. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.135

Fauzi, F. (2022). Understanding Wasathiyyah In The Book Of Al-Qur’an Al-Karim Dan Terjemahan Bebas Bersajak Dalam Bahasa Aceh. Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 45(2), 189–206. https://doi.org/10.30821/miqot.v45i2.831

Janhari, M. N., & Khumaero, S. I. (2023). Konsep Wasathiyyah Menurut Sayyid Quthb dalam Kitab Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an (Analisa Sosiologi Pengetahuan Peter Ludwig Berger). Jurnal Semiotika-Q, 3(1), 33–55. https://doi.org/10.19109/jsq.v3i1.18328

Kasdi, A. (2019). Wasathiyyah Islam as the Road to Moderatism in Indonesia. Al-Albab, 8(2), 179–192. https://doi.org/10.24260/alalbab.v8i2.1356

Kerwanto, K. (2022). Dasar-Dasar Moderasi dalam Epistemologi Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Studi Al-Quran, 18(1), 91–110. https://doi.org/10.21009/JSQ.018.1.05

Prayitno, N. H., & Nursikin, M. (2023). Islam Wasathiyyah Sebagai Pendidikan Karakter. Afeksi, 4(6), 685–692. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.191

Priatmoko, S., Syafi'aturrosyidah, M., & Zumaroh, Z. (2019). Meneguhkan Islam Wasathiyah Melalui Pembudayaan Dialog Lintas Agama di Madrasah. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 18-32.

Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212–222. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna, 3(1). https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491

Saihu, M. (2021). PEDIDIKAN MODERASI BERAGAMA: KAJIAN ISLAM WASATHIYAH MENURUT NURCHOLISH MADJID. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 16–34. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i01.151

Suhada, D., Ridwan, W., Ahmad, N., Suhartini, A., Ahyani, H., & Mutmainah, N. (2022). Menguak Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Di Indonesia Perspektif Islam Dan Barat Dalam Menjawab Tantangan Masa Depan. Al-Iltizam, 7(1), 199–212. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3022

Supriadi, U., Islamy, M. R. F., & Faqihuddin, A. (2023). Internalization of Wasathiyyah Values in Efforts to Enhance the Religiosity and Tolerance of Students Based on Mentoring: An Exploratory Study of the UPI Tutorial Program. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25217/ji.v8i2.2747

Syam, M. B. (2018). Islam Wasathiyah Dalam Perspektif Sosiologi. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(2), 197-213.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anis Maghfiroh, Mukh Nursikin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License