Analisis Bullying antar Siswa Kelas II di MIN 3 Semarang

Widarti Widarti, Mashlihatul Umami

Abstract


Penelitian ini menganalisis bentuk-bentuk, faktor penyebab, dampak, dan upaya menangani bullying antar siswa kelas II MIN 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas IIB MIN 3 Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan triangulasi teori Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk bullying antar siswa, yaitu bullying fisik (memukul dan menghancurkan barang milik siswa lain) dan bullying verbal (mengejek julukan nama, mencela/menghina, mengancam, menuduh yang tidak benar, dan menggunjing/gossip). Faktor penyebab bullying meliputi faktor keluarga, lingkungan sosial, dan faktor media. Dampak bullying bagi korban mencakup dampak positif (korban berusaha membuktikan dirinya) dan dampak negatif (ketakutan berinteraksi, kecemasan, motivasi belajar rendah). Upaya menangani bullying mencakup memberi nasehat, penerapan kredit point, hafalan surat pendek, dan membaca Istighfar sebanyak 100 kali. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya pemahaman tentang fenomena bullying di kalangan siswa kelas II MIN 3 Semarang. Faktor keluarga, lingkungan sosial, dan media memengaruhi perilaku bullying. Dampaknya melibatkan aspek sosial, emosional, dan motivasi belajar. Upaya penanggulangan perlu memperhatikan konsekuensi yang tepat bagi pelaku, pendampingan korban, dan penguatan nilai-nilai moral. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan strategi pencegahan dan penanggulangan bullying yang lebih efektif dalam konteks pendidikan.

Keywords


bullying; interaksi siswa; MIN 3 Semarang

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. H., Tentama, F., & Suwandi, G. F. (2020). Bullying on students in Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 3697–3703.

Aini, D. F. N. (2018). Self esteem pada anak usia sekolah dasar untuk pencegahan kasus bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 6(1), 36–46.

Allan, G. (2020). Qualitative research. In Handbook for research students in the social sciences (pp. 177–189). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781003070993-18/qualitative-research-graham-allan

Amaliah, R. (2022). Tinjauan Hukum Islam dan Undang-undang Perlindungan Anak Terhadap Kasus Bullying di Tingkat Sekolah Dasar (SDN). https://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1697

Arliman, L. (2017). Dinamika dan Solusi Perlindungan Anak di Sekolah. Jurnal Selat, 4(2), 219–233.

Baraldsnes, D. (2022). Teacher Practices Aimed at Preventing School Bullying: A Comparative Analysis of Lithuania and Norway. Nordic Studies in Education, 42(4), 306–327. https://doi.org/10.23865/nse.v42.3503

Bauman, S., & Del Rio, A. (2006). Preservice teachers’ responses to bullying scenarios: Comparing physical, verbal, and relational bullying. Journal of Educational Psychology, 98(1), 219.

Biantoro, O. F. (2021). Model Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Kegiatan Pramuka Di Madrasah Tsanawiyah. Afeksi, 2(2), 73–84. https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.33

Black, L. (2012). Reducing Bullying Through Leadership Skills Development. Journal of Youth Development, 7(1), 137–146. https://doi.org/10.5195/jyd.2012.158

Byrd, R. (2020). Qualitative research methods. Virtual Class, Memphis. Recuperado Em, 17. https://www.memphis.edu/jrsm/syllabi/syllabi_pages/syllabi_pdfs/2020_fall/jrsm7085.001.m50.byrd.fall2020.pdf

Carrasco, D., Banerjee, R., López-Hornickel, N., & Treviño, E. (2022). Indirect effects of bullying on school mathematics achievement in Chile. Studies in Educational Evaluation, 74, 101172. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101172

Curtner-Smith, M. E., Culp, A. M., Culp, R., Scheib, C., Owen, K., Tilley, A., Murphy, M., Parkman, L., & Coleman, P. W. (2006). Mothers’ Parenting and Young Economically Disadvantaged Children’s Relational and Overt Bullying. Journal of Child and Family Studies, 15(2), 177–189. https://doi.org/10.1007/s10826-005-9016-7

Damayanti, S., Sari, O. N., & Bagaskara, K. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Korban Bullying Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Rechtens, 9(2), 153–168.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55–66.

Davis, K., Reich, J., & James, C. (2014). The Changing Landscape of Peer Aggression: A Literature Review on Cyberbullying and Interventions. Journal of Youth Development, 9(1), 129–142. https://doi.org/10.5195/jyd.2014.77

Dukes, R. L., Stein, J. A., & Zane, J. I. (2009). Effect of relational bullying on attitudes, behavior and injury among adolescent bullies, victims and bully-victims. The Social Science Journal, 46(4), 671–688.

Fauzi, A. N., & Nursikin, M. (2023). Potret Pendidikan Nilai Dilembaga Pendidikan Islam. Afeksi, 4(4), 315–329. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.135

Fitroh, I., Rosidi, M. I., Tasnur, I., Hotimah, I. H., & Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 122–126.

Hancock, B., Ockleford, E., & Windridge, K. (2001). An introduction to qualitative research. Trent focus group London. https://www.academia.edu/download/54784339/5_Introduction-to-qualitative-research-2009.pdf

Hidayati, L. N., & Amalia, R. (2021). Psychological impacts on adolescent victims of bullying: Phenomenology study. Media Keperawatan Indonesia, 4(3), 201.

Hopeman, T. A. (2020). Dampak bullying terhadap sikap sosial anak sekolah dasar (Studi kasus di sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 52–63.

Jelita, N. S. D., Iin, P., & Aniq, K. (2021). Dampak bullying terhadap kepercayaan diri anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232–240.

Johansson, J., & Hannula, M. S. (2012). Third Graders’ Perceptions on Moral Behaviour on Bullying If They Had the Infinite Powers of Superhero Defenders. Education Research International, 2012. https://doi.org/10.1155/2012/258181

Junindra, A., Fitri, H., Desyandri, D., & Murni, I. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133–11138.

Kurnia, D., & Aeni, A. N. (2018). Indikasi Bullying Fisik pada Siswa SD dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak Menurut Tuntunan Agama. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 97–115.

Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R. (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi pada remaja SMA di Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(1), 43–48.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=U4lU_-wJ5QEC&oi=fnd&pg=PR12&dq=miles+huberman+saldana+qualitative+data+analysis&ots=kGSE2KMY-S&sig=jjKtuZPZheaSIaB_XActMhPp9P4

Mu’arofah, K., Retnaningdyastuti, M. T. S. R., & Yulianti, P. D. (2021). Analysis of Emotional Intelligence Level of Class IX Students of SMP Negeri 1 Dukuhseti, Pati Regency. Afeksi, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i1.25

Muhammad, M. (2009). Aspek perlindungan anak dalam tindak kekerasan (bullying) terhadap siswa korban kekerasan di sekolah (Studi Kasus di SMK Kabupaten Banyumas). Jurnal Dinamika Hukum, 9(3), 268–274.

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di sekolah: Kurangnya empati pelaku bullying dan pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.

Risyda, M. W., Kara, Z. B. B., Anwar, M. A., & Shobabiya, M. (2023). Pengaruh Psikologis Bullying Relasional Terhadap Siswa SMA. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 122–128.

S, L., Situngkir, D., Putri, R., & Fauzi, R. (2019). Cyber Bullying Against Children in Indonesia. Proceedings of the International Conference on Social Sciences, Humanities, Economics and Law. International Conference on Social Sciences, Humanities, Economics and Law, Padang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.5-9-2018.2281372

Stives, K. L., May, D. C., Mack, M., & Bethel, C. L. (2021). Understanding Responses to Bullying From the Parent Perspective. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.642367

Suciartini, N. N. A., & Sumartini, N. L. P. U. (2018). Verbal bullying dalam media sosial ditinjau dari perspektif penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 104–134.

Voss, D., & Newman, L. S. (2021). Confronted with Bullying when You Believe in a Just World. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.634517

Waliyanti, E., & Kamilah, F. (2019). Bullying of adolescent in Yogyakarta: Responses and impacts. JKKI: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 265–270.

Widodo, S. T. M., & Nita, V. (2019). Pencegahan bullying di sekolah dasar melalui pendidikan kesehatan reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 65–75.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 widarti widarti widarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License