PENGEMBANGAN MEDIA PERUBAHAN BENTUK ENERGI RUBINER TERINTEGRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENS

Dewi Mudrikah, Peni Susapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media perubahan bentuk energi Rubiner terintegrasi dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Instrumen pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan tes. Proses pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Produk dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan kemudian diuji kelayakannya serta direvisi hingga layak untuk diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hasil media di validasi dari ahli media mendapatkan jumlah persentase rata-rata sebanyak 93,7% atau skor 3,75, dan ahli materi sebanyak 88,3% atau skor 3,5. Pengembangan media perubahan bentuk energi Rubiner terintegrasi dengan model pembelajaran kooperatif teams games tournamens di MI Ma’arif Pulutan artinya media Rubiner efektif meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga layak untuk digunakan.Efektifitas media perubahan bentuk energi Rubiner terintegrasi dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan posttest siswa. Hasil Paired Samples Statistics menunjukkan nilai t hitung sebesar 0.000 < 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ada perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis IT menggunakan media perubahan bentuk energi Rubiner terintegrasi dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Pulutan.


Keywords


Media Pembelajaran, Rubiner, Kooperatif Teams Games Tournamens, R&D

Full Text:

PDF

References


Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4 ISSN: 2355-4118.

Feni. (2014). Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman Volume 4 No. 2.

Hidayat, W. N., Nurlaila, N., Purnomo, E., & Aziz, N. (2023). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) in Islamic Religious Education in the Digital Era. Al Hikmah: Journal of Education, 4(1), 93-106.

Hidayat, W. N., & Malihah, N. (2023). Implementasi Beberapa Teori Belajar Dalam Aplikasi Sholat Fardhu (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori Belajar Medan Kurt Lewin, dan Teori Kondisioning Ivan Pavlop di Masjid Al-Ikhlas Sarirejo). Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-10.

Ibrahim, dkk. 2018. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Gunadarma Ilmu.

Indriyani, Lemi. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kognitif Siswa. Jurnal Untirta Vol.2 No.1.

Kosilah & Septian. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian Vol 1 No 6.

Marwati. 2018. Pengembangan Media Kokami dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Mohammad Muhyidin Nurzaelani dan Rusdi Kasman. 2019. Uji Efektivitas Media Interaktif Integrasi Nasional untuk Perkuliahan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Teknologi Pendidikan 8(1): 1–19.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Rahmi, Muntaha. Budiman, Arif & Widyaningrum, Ari. 2019. Pengembangan Media PembelajaranInteraktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education. Vol 3, No 2

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sapriyah. 2019. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Vol.2 No.1.

Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Umar. 2014. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah Volume 11 Nomor 1.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. 2006. Bandung: Citra Umbara.

Widhiastuti, Ratieh. 2014. Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika pendidikan Vol. IX, No. 1

Widyaningrum, Fika Ari. Maryani, Ika. Vehachart, Rungchatchadaporn. 2022. A Literature Study on Science Learning Media in Elementary School. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education Vol. 1, No. 01




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 dewi mudrikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License