Evaluasi Non Tes di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta: Impementasi dan Hambatan

Rafi Iqbal Maulana, Dimas Faturrahman Hanafi, Muhammad Faruq Abbad Rosidi, Nurul Latifatul Inayati

Abstract


Evaluasi non-tes, atau evaluasi formatif, memiliki peran krusial dalam pengembangan pendidikan, menilai kemajuan siswa di luar aspek akademis. Metode ini memungkinkan penilaian holistik terhadap keterampilan sosial, kepribadian, dan bakat siswa. Keunggulan utamanya terletak pada identifikasi keterampilan sosial dan kepribadian, kunci keberhasilan dalam masyarakat kompleks saat ini. Evaluasi ini juga memberikan guru peluang untuk memberikan umpan balik mendalam dan mendukung pendekatan pembelajaran yang responsif. Namun, penelitian ini menyoroti kendala dalam implementasi evaluasi non-tes di MAN 2 Surakarta, terutama pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI. Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan instrumen non-tes, kurangnya pengembangan teknik evaluasi, dan perhatian yang masih lebih besar pada instrumen tes. Observasi menunjukkan bahwa evaluasi non-tes belum mendapatkan perhatian yang memadai, menghasilkan hambatan teknis, fokus pada penilaian sikap, kendala waktu, dan kurangnya keterampilan guru. Solusi yang diusulkan guru melibatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru melalui sosialisasi, pengembangan soft skill siswa, dan manajemen waktu yang lebih baik. Kesimpulannya, evaluasi non-tes diidentifikasi sebagai tantangan utama yang dapat diatasi dengan upaya peningkatan keterampilan guru dan manajemen pendidikan yang lebih efisien. Seiring dengan itu, penerapan evaluasi non-tes di MAN 2 Surakarta memberikan gambaran tentang pentingnya evaluasi, variasi instrumen yang digunakan, dan peran guru dalam memastikan evaluasi mencakup aspek hasil dan proses belajar siswa.

Keywords


evaluasi pembelajaran; instrumen non-tes; implementasi dan hambatan.

Full Text:

PDF

References


Abella, R. C., & Cutamora, J. C. (2019). An Evaluation of the National Greening Program Implementation in Simala, Cebu Philippines Utilizing ABCD Model. European Scientific Journal ESJ, 15(10). https://doi.org/10.19044/esj.2019.v15n10p168

Agustina, F. D., Raharjo, R., Isnawati, I., & Hartono, D. (2023). Test Instrument Based on Critical Thinking Skills Integrated Javanese Cultural Tradition in Islamic Context. In International Journal of Social Science and Human Research (Vol. 6, Issue 2). Everant Journals. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i2-30

Agustuna, N. E., Herlina, R., & Faridah, D. (2019). Corrective Feedback on Pronunciation Errors: Teacher’s Perception and EFL High School Students’ Self-Reflection. Journal of English Education and Teaching, 3(3), 311–327. https://doi.org/10.33369/jeet.3.3.311-327

Allahvirdiyani, K. (2011). Evaluate Implemented Academic Advisor of Shahed Students in Tehran State Universities Through CIPP Evaluation Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 2996–2998. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.229

Alp Christ, A., Capon-Sieber, V., Grob, U., & Praetorius, A.-K. (2022). Learning processes and their mediating role between teaching quality and student achievement: A systematic review. Studies in Educational Evaluation, 75, 101209. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101209

Anh, V. T. K. (2018). Evaluation Models In Educational Program: Strengths And Weaknesses. VNU Journal of Foreign Studies, 34(2). https://doi.org/10.25073/2525-2445/vnufs.4252

Atasoy, V., & Kaya, G. (2022). Formative assessment practices in science education: A meta-synthesis study. Studies in Educational Evaluation, 75, 101186. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101186

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon non-test instrument as education media. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 185. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21007

Choirudin, Sugianto, R., Darmayanti, R., & Muhammad, I. (2023). Teacher Competence in The Preparation of Test and Non-Test Instruments. Journal of Teaching and Learning Mathematics, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.22219/jtlm.v1i1.27695

Cuzcano-Huarcaya, M.-A., Mendez Vergaray, J., Cuzcano-Santa Cruz, C. M., Sanchez Diaz, S., & Flores, E. (2023). Teaching competency in virtual education: Systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1429. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24430

Dachliyani, L., Sos, S., & Pd, M. (n.d.). Instrumen Yang Sahih : Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (evaluasi pembelajaran).

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226

Duchatelet, D., Jossberger, H., & Rausch, A. (2022). Assessment and evaluation of simulation-based learning in higher education and professional training: An introduction. Studies in Educational Evaluation, 75, 101210. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101210

Fadhilah, N., & Umami, M. (2023). Kinerja Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDIT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang. Afeksi, 4(5), 493–504. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.154

Fajri, M., Zurqoni, Z., & Sugeng, S. (2023). Analisis Data Kualitatif Dalam Evaluasi Kurikulum Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam Di Kalimantan Timur. Afeksi, 4(1), 27–42. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i1.58

Kullan, S., Mansor, M., & Ishak, R. (2022). The validity and reliability of an instrument to evaluate the practices of learning organization. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1725. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22974

Lichtman, M. (2023). Qualitative research in education: A user’s guide. Routledge.

Magdalena, I., Ismawati, A., & Amelia, S. A. (2021). Penggunaan Evaluasi Non-Tes Dan Kesulitannya Di Sdn Gempol Sari. 3.

Magdalena, I., Oktavia, A., Ismawati, S., & Alia, F. (2021). Penggunaan Evaluasi Non Tes Dan Hambatannya Dalam Pembelajaran Di Sds Sari Putra Jakarta Barat. 3.

Muryadi, A. D. (2017). MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI.

Nadya Putri Mtd, Muhammad Ikhsan Butarbutar, Sri Apulina Br Sinulingga, Jelita Ramadhani Marpaung, & Rosa Marshanda Harahap. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Sabilla, D. A., Ashar, H., & Nursikin, M. (2023). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan John Dewey Sebagai Landasan Pelaksanaan P5 Dalam Kurikulum Merdeka. Afeksi, 4(6), 632–643. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.176

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Saidi, S. S., & Siew, N. M. (2019). Reliability and Validity Analysis of Statistical Reasoning Test Survey Instrument using the Rasch Measurement Model. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3). https://doi.org/10.29333/iejme/5755

Surahman, E., Wedi, A., Sulthoni, Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018), Malang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.6

Tomazin, L., Lipnevich, A. A., & Lopera-Oquendo, C. (2023). Teacher feedback vs. annotated exemplars: Examining the effects on middle school students’ writing performance. Studies in Educational Evaluation, 78, 101262. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2023.101262

Try Satrio Utomo, F., Rahayu, G., Annisa Azahra, S., Tunnisa, I., & Dwi Astuti, N. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Non Tes Kreativitas Siswa Kelas Vi Sdn Tegal Alur 16 Petang. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(2), 20–28. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.77

Wei, W. (2023). Understanding and supporting the use of feedback from mobile applications in the learning of vocabulary among young adolescent learners. Studies in Educational Evaluation, 78, 101264. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2023.101264

Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439

Wulandari, W., & Kumalasari, F. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Berbasis Kurikulum 2013. Afeksi, 4(5), 471–481. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.142




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rafi Iqbal Maulana, Dimas Faturrahman Hanafi, Muhammad Faruq Abbad Rosidi, Nurul Latifatul Inayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License