NILAI RELIGIUS LAGU DOLANAN BOCAH PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP

Ithafur Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna filosofis lagu dolanan bocah pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SMPN 8 Semarang. Berdasarkan makna filosofis yang sudah ditemukan, nantinya akan dikupas nilai religius yang terdapat di dalam lagu dolanan bocah. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan menerapkan metode penelitian deksriptif kualitatif dialektik. Alat bantu yang berperan sebagai pisau bedah pada penelitian ini adalah teori hermeneutika model Heiddeger dengan konsep hermeneutik fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lagu dolanan bocah pada projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMPN 8 Semarang memuat makna dalam bentuk pitutur atau ajaran. Pitutur yang terkandung dalam lagu dolanan bocah yaitu mengenai keagamaan, kedisiplinan, kejujuran, kegigihan, dan sosial kemasyarakatan. Adapun nilai religius yang ditemukan pada penelitian ini terkategorisasikan dalam empat domain, yaitu kategori sikap dan perilaku yang berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, dan sesama makhluk hidup. Butir nilai religius yang ditemukan yaitu iman, taqwa, ikhtiyar, tawakkal, ibadah, sikap mahmudah, jujur, gigih, disiplin, rajin, sopan santun, lapang hati, dan sosial.

Keywords


Nilai Religius;Lagu Dolanan Bocah;P5

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Grafindo.

Ardiyanti, D. 2003. Makna Teks Lagu Dolanan Jawa. Skripsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES.

Aryani, Kusuma Ine. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor : Ghalia Indonesia.

Dasir, Muh. 2018. Implementasi Nilai-nilai Religius Dalam Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013. Thesis. UII.

Dewi Tyas Puspita, Purwadi, Mudzanatun. 2019. Analisis Nilai Karakter Religius dan Nilai Karakter Tanggungjawab Pada Tembang Dolanan Lir-Ilir dan Sluku-sluku Bathok. Jurnal Semar Vol. 8 No. 1, 2019:2302-3937. https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/view/18044/26438

Eagleton, Terry. 2006. Teori Kesusastraan : Satu Pengenalan. (Penterjemah Muhammad HJ. Shaleh). Yogyakarta : Jalasutra.

Elly, Rianingsih. 2021. Analisis Struktur dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Lagu Dolanan Anak. Thesis. Universitas Widya Dharma.

Endraswara, Suwardi. (2010).Folklore Jawa. Bentuk, Macam, dan Nilainya. Jakarta: Penaku.

Fuadhiyah, Ucik. 2006. Pendidikan Kebangsaan dalam Simbol dan Makna Pada Lirik Lagu Dolanan di Jawa Tengah. Skripsi : FBS Universitas Negeri Semarang.

Fuadhiyah, Ucik. 2006. Simbol dan Makna Kebangsaan dalam Lirik Lagu Dolanan di Jawa Tengah dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Lingua Vol. 7 No. 1 1829-9342. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view

Hadi, W.M. Abdul. 2008. Hermeneutika Sastra Barat dan Timur. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Handoyo, Eko. 2010. Etika Poltik dan Pembangunan. Semarang : Widya Karya.

Mitchell, Diana. 2003. Children’s Literature, an Invitation to The World. Boston: Ablongman.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Palmer, Richard. 2005. Hermeneutika Teori Baru Mengenai Interpretasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Purwadi dkk. (2015). Tembang Dolanan. Yogyakarta: Laras Media Prima.

Qodratillah, Meity Taqdir. 2011. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizal, Abdul Rakhman. 2021. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tembang Dolanan Jawa Lir-Ilir Karya Sunan Kalijaga. Thesis. IAIN Purwokerto.

Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soegito, Suprayogi, Maman Rachman, Suwito Eko, Suyahmo. 2006. Pendidikan Pancasila. Semarang : UPT MKU UNNES.

Suprihatin, Susi. 2017. Implementasi Nilai Religius dalam Kegiatan Pembelajaran PPKn dan Ekstrakurikuler di SMA Nasima Kota Semarang. Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial Unnes.

Teeuw, A. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wati, Irma Saras. 2018. Nilai-nilai Karakter Islami Dalam Lirik Lagu Dolanan Anak Sluku-sluku Bathok dan Hubungannya Dengan Materi Pembelajaran PAI di SD. Thesis. IAIN Purwokerto.

Zainudin, Agus. 2020. Penanaman Nilai-nilai Religius Dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Jurnal Auladuna, Vol 2 No.1, 2656-9523. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.289.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ithafur Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License