MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH

Erni Anita Sari, Wahidin Wahidin

Abstract


Tujuan mempelajari Fiqih adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang berbagai hukum Syariah atau  Islam dan berbagai  aturan kehidupan manusia. Memahami permasalahan tersebut bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi siswa Madrasah Tsanawiyah yang notabene harus selalu diberikan contoh dan permasalahan spesifik yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Pancasila Salatiga. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti  dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fiqh dengan  model pembelajaran berbasis masalah membantu meningkatkan pemahaman anak terhadap materi fiqh, karena pembelajaran selalu bertujuan untuk menyajikan permasalahan sederhana. , tapi mampu untuk memberikan pemahaman yang cukup spesifik terhadap siswa. Selain itu dengan dimunculkannya masalah-masalah ternyata dapat merangsang siswa lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.


Keywords


Model Pembelajaran;Problem Based Learning;Pelajaran Fikih

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Muhammad, (2015), Model-Model pembelajaran inovatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,hal. 112.

Fauzia, Hadist Awalia. (2018). ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD’. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (1): 40–47. doi:10.33578/jpfkip.v7i1.5338.

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal. 132-182

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Hal. 41

Iru, La dan Arihi, La Ode Safiun. (2012). Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo. hal. 6-9

Moleong, Lexy J. (2005) Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm 6.

Ngalimun, (2016), Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, Cet. 1, hal. 117-118

Ngalimun, (2013), Strategi dan Model pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Presindo, hlm 90

Poerwadarminto, WJS, (1976), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, hal. 553

Ramayulis, (2005), Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, hlm.597

Rusman, (2010), Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, hal. 144-145 dan 241.

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada, hal.144

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal.48

Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal. 89

Sanjaya, Wina (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada Media Group, hlm 214-215

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Syaifullah, Ahmad., “Pengaruh Strategi Problem-Based Learning ( PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajarn Fikih di MA Khozinatul, Ulum Blora Jawa Tengah”, Jurnal Wahana Akademika, Vol.03, No.02, Oktober 2016, hlm.122

Shoimin, Aris (2017), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal. 130

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hal. 46

Suprihatiningrum, Jamil (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Hal. 145

Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: PT Refika Aditama, hal.151

Tamarli. (2017). ‘Penggunaan Media Gambar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia’. Jurnal Serambi Ilmu 18 (1): 33–40.

Trianto, (2007), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Surabaya: Kencana Prenada Media Group, hlm 70.

Trianto, (2007), Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, hal. 5

Trianto, (2015), Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara, hal. 51.

Utomo, D.P. (2020). Mengembangkan model pembelajaran. Yogyakarta: Bildung, hal. 43




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erni Anita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License