MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH
Abstract
Tujuan mempelajari Fiqih adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang berbagai hukum Syariah atau Islam dan berbagai aturan kehidupan manusia. Memahami permasalahan tersebut bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi siswa Madrasah Tsanawiyah yang notabene harus selalu diberikan contoh dan permasalahan spesifik yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Pancasila Salatiga. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fiqh dengan model pembelajaran berbasis masalah membantu meningkatkan pemahaman anak terhadap materi fiqh, karena pembelajaran selalu bertujuan untuk menyajikan permasalahan sederhana. , tapi mampu untuk memberikan pemahaman yang cukup spesifik terhadap siswa. Selain itu dengan dimunculkannya masalah-masalah ternyata dapat merangsang siswa lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fathurrohman, Muhammad, (2015), Model-Model pembelajaran inovatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,hal. 112.
Fauzia, Hadist Awalia. (2018). ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD’. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (1): 40–47. doi:10.33578/jpfkip.v7i1.5338.
Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal. 132-182
Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Hal. 41
Iru, La dan Arihi, La Ode Safiun. (2012). Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo. hal. 6-9
Moleong, Lexy J. (2005) Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm 6.
Ngalimun, (2016), Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, Cet. 1, hal. 117-118
Ngalimun, (2013), Strategi dan Model pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Presindo, hlm 90
Poerwadarminto, WJS, (1976), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, hal. 553
Ramayulis, (2005), Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, hlm.597
Rusman, (2010), Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, hal. 144-145 dan 241.
Rusman. (2018). Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada, hal.144
Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal.48
Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal. 89
Sanjaya, Wina (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada Media Group, hlm 214-215
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Syaifullah, Ahmad., “Pengaruh Strategi Problem-Based Learning ( PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajarn Fikih di MA Khozinatul, Ulum Blora Jawa Tengah”, Jurnal Wahana Akademika, Vol.03, No.02, Oktober 2016, hlm.122
Shoimin, Aris (2017), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal. 130
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hal. 46
Suprihatiningrum, Jamil (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Hal. 145
Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: PT Refika Aditama, hal.151
Tamarli. (2017). ‘Penggunaan Media Gambar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia’. Jurnal Serambi Ilmu 18 (1): 33–40.
Trianto, (2007), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Surabaya: Kencana Prenada Media Group, hlm 70.
Trianto, (2007), Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, hal. 5
Trianto, (2015), Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara, hal. 51.
Utomo, D.P. (2020). Mengembangkan model pembelajaran. Yogyakarta: Bildung, hal. 43
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erni Anita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License