INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BERBASIS LEARNING BY DOING PADA ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI PADA SDTQ DAARUL HUSNA KOTA SALATIGA)

Titis Sekar Ningrum, Wahidin Wahidin

Abstract


berbasis learning by doing pada anak sekolah dasar. Model pembelajaran learning by doing merupakan konsep belajar dengan melakukan, yaitu suatu pandangan pendidikan pragmatis berdasarkan dua alasan penting: pertama suatu takdir tuhan bahwa anak adalah makhluk aktif, kedua melalui bekerja anak by doing yaitu bahwa siswa perlu terlibat dalam proses belajar secara spontan. Dengan ini akan membantu siswa untuk menumbuhkan kemampuan belajar aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini berisikan pelaksanaan terkait internaliasasi nilai-nilai akhlakul karimah berbasis learning by doing pada anak Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Daarul Husna Kota Salatiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam tahapan pelaksanaan yaitu pelaksanaan melalui model learning by doing meliputi doa sehari-hari seperti doa sebelum dan sesudah belajar, membaca surat pendek, murajaah hafalan, ziyadah, 5S, sholat sunah dan fardhu beserta dzikir dan doa. Kemudian kegiatan mingguannya adalah ikar pagi dan tayangan islami yang diisi dengan cerita-cerita Islami serta kaitannya dengan ayat suci Al-Quran bersama dan kunjungan ke perpustakaan. Kegiatan isendentil tersebut antara lain perayaan hari besar Islam , seperti Ramadhan seru serat ilmu, pesantren kilat, sholat id, mabit dan pesta kurban. Dalam upaya melaksanakan gerakan literasi agama, terdapat beberapa faktor yang menguntungkan dan menghambat.


Keywords


Internalisasi, Nilai-nilai akhlakul karimah, Learning by doing

Full Text:

PDF

References


Abdul, K. A. (2016). Metode Implementasi Nilai-nilai “Untuk Modifikasi Perilaku Berkarakter". Maulana Media Grafika.

Amin. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM.

Fadilah, Rabi’ah, W. S. A., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., & Elisanti, A. D. (2021). Pendidikan Karakter. Agrapana Media.

Faiz, I. A. (2020). Rerangka dasar akuntansi berlandaskan syariah (Cetakan pertama). Gadjah Mada University Press.

Fariyati, S. (2022). Pelaksanaan Pembiasaan Shalat Dhuha Bersama Dalam Pembentukan Kedisiplinan Ibadah Sholat Fardhu Peserta Didik Kelas V Mi Miftahul Ulum Kejene Randudongkal Pemalang Tahun (Vol. 1).

Febiantoni, Fungki. (2022). Nilai-Nilai Karakter Peristiwa Isra Mi’raj Dalam Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Humanika, 1, 22.

Hakim, A. A., & Mubarok, J. (2007). Metodologi Studi Islam. Rosda Karya.

Hamid, A. (2016). Metode Internalisasi.Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 17 Palu. Jurnal PAI, Ta’lim, 14, 2.

Harjo, B. (2023). THE CIVILIZED SCHOOL: Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Sekolah Beradab. Ruang Tentor.

Hasballah, J. (2008). Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Kurikulum. PPs IAIN Ar-Raniry.

Irwansyah, & Tanjung, N. (2021). Religious Culture Melalui Manajemen Pembiasaan Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Bintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan KeIslaman, 2, 3.

Jempa, N. (2017). Nilai- Nilai Agama Islam, Pedagogik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Univ. Muhammadiyah Aceh, 4, 2.

Kartikowati, E. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-dimensinya. Prenada Media.

Maslakhah, S. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme Dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif. Jurnal Diksi, 27, 2.

Minsih, & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidik Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5, 1.

Munif, M. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa, Edureligia. 1, 1.

Musfah, J. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Prenada Media Group.

Rizal, I. M. (2021). Pendidikan Karakter Jujur. Nusamedia.

Rusmana. (2020). Pengembangan Pembelajaran PAI. Amerta Media.

S, Y. T., & Fauziyati, E. (2021). Aksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing pragmatisme By John Deweyh. Jurnal .PAPEDA, 3, 2.

Samrin. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Journal Al-Ta’dib, 8, 1.

Sigit, S., & Sigit, K. A. (2023). Liberalisasi pendidikan sekolah swasta: Menelaah dampak pendidikan asing di Indonesia (Cetakan pertama). KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Sofanudin, A. (2015). Internalisasi Nilai-nilai.Karakter Bangsa.Melalui Mata Pelajaran.Agama Islam, .SMA EEKS-RSBI Tegal. Jurnal Smart, 1, 2.

Sukirno, A. S. (2014). Membentuk Siswa Berkarakter Studi Tentang Proses Bimbingan Keagamaan Terhadap Siswa di SMP Islam Al Azhar 11 Kota Serang. Penerbit A-Empat.

Syahfitra, A., & Asro, M. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Sd Negeri 1 Cibugel. Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdiah Kepada Masyaraka, 2, 2.

Tim Redaksi. (2019). Ramadan & Idulfitri: Dua Anugerah Sejuta Berkah. Majalah Tebuireng.

Tiwery, B. (2021). KEKUATAN DAN KELEMAHAN METODE PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN HOTS Higher Order Thinking Skills. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Ya’qub, H. (1983). Etika Islam. Diponegoro.

Zulkarnain, W. (2022). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Titis Sekar Ningrum, Wahidin Wahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License