KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK: MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DALAM PENDIDIKAN JASMANI UNTUK SISWA TUNAGRAHITA

Hamzah Haz, Alit Rahmat, Carsiwan Carsiwan

Abstract


Penelitian ini didasari permasalahan dalam pembelajaran penjas dimana anak tunagrahita kesulitan untuk mengembangkan keterampilan motoriknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan pemaparan tentang berbagai penelitian pengembangan model pembelajaran motorik bagi anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kajian literature sistematik. Tahapan yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Tahap identifikasi permasalahan dengan menyusun pertanyaan penelitian (research question); (2) Mengembangkan protokol penelitian; (3) Menetapkan lokasi data-base sebagai wilayah pencarian hasil penelitian; (4) Mengumpulkan hasil penelitian yang berkaitan dengan research question; (5) Melakukan inklusi dan eksklusi terhadap penelitian yang akan diturutkan kedalam kajian literatur berdasarkan kualitasnya; (6) Melakukan ekstraksi data; (7) Sintesis hasil dengan metode meta-analisis atau metode naratif; (8) Penyajian hasil dalam laporan penelitian hasil meta-analisis. Dari berbagai model pembelajaran yang dikembangkan pada penilitian terdahulu, model pembelajaran berbasis permainan lebih sering dikembangkan. Terutama permainan tradisional yang disesuaikan dengan kemampuan anak tunagrahita.

Keywords


Kajian literature sistematik, model pembelajaran motorik, anak tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446

Alfiyyah, D. N., Rahmat, A., & Carsiwan. (2023). KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK: TREN PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DALAM PENJAS. Jurnal Pedagogik Olahraga, 09(02), 104–113.

Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2608

Hakim, R. A. (2016). Pengaruh Motorik Kasar Anak Tunagrahita Terhadap Motorik Halus. Jurnal Ilmiah PENJAS, 2(2), 33–49.

Hosni, I. (2010). Modifikasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Adaptif. UPI Bandung.

Intani, A. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunagrahita. Motion, 7(1), 73–88.

Kesumawati, S. A., & Damanik, S. A. (2019). MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. 18(2), 146–153.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Keele University.

Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic Review: The Experience of a PhD Student. Psychology Learning and Teaching, 2(1), 32–35.

Satria, M. H., Aliriad, H., Kesumawati, S. A., Fahritsani, H., Endrawan, I. B., & S, A. (2023). Model Pengembangan Keterampilan Motorik My Home Environment terhadap Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2336–2347. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4415

Setyaningsih, A. F., Rohman, U., Wiyarno, Y., & Utomo, M. A. S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK YANG DIMODIFIKASI UNTUK UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK PADA ANAK TUNAGRAHITA. Jurnal SEGAR, 11(2), 61–72.

Tarigan, B. (2012). OPTIMALISASI PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA BERLANDASKAN ILMU FAAL OLAHRAGA. FPOK UPI.

Taufan, J., Ardisal, Damri, & Arise. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Dengan Hambatan Fisik Dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2003), 19–24.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hamzah Haz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License