Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi Calon Guru Bahasa Inggris
Abstract
Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh calon guru di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, tidak terkecuali yang berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, karena PLP ini merupakan salah satu aktivitas yang termasuk dalam mata kuliah wajib di kurikulum. PLP ini memiliki tujuan melatih mahasiswa calon guru untuk memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran agar mahasiswa memiliki bekal awal untuk menjadi guru yang professional di masa mendatang. PLP ini telah menjadi agenda rutin pada semester geanjil di setiap tahun akademik dan pelaksanaannya direncanakan dan dipersiapkan dengan baik, namun masih saja terjadi hambatan dan tantangan bersifat teknis dan operasional. Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan PLP 2023 dilihat dari aspek konteks (konteks) terdapat permasalahan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal input, ada beberapa faktor yang memengaruhi pelaksanaan PLP yaang berasal dari DPL, Kepala Sekolah, Guru Pamong dan Mahasiswa itu sendiri. Dari aspek proses, program PLP ini terdiri dari empat tahap yaitu kegiatan observasi, pelaksanaan, pengawasan, dan pelaporan. Dilihat dari aspek produk program ini menghasilkan luaran dalam bentuk peningkatan kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, dan sosial mahasiswa praktikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eka, D., & Dewi, C. (2018). Evaluasi Model CIPP Pada Program Pengalaman Lapangan (PPL) Kependidikan Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Iain Bengkulu Tahun 2017. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1), 123–136. https://doi.org/10.29300/ATTALIM.V17I1.1185
Gavillet, R. (2018). Experiential learning and its impact on college students. Texas Education Review, 7(1), 140–149. https://doi.org/10.26153/tsw/21
Helmiati, H., Ag, M., Keterampilan, M., & Mengajar, D. (2013). MICRO TEACHING. www.aswajapressindo.co.id
Juliastuti, & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), 1328–1344. https://doi.org/10.31943/JURNAL_RISALAH.V8I4.372
Nugraheni, B. I. (2021). Analisis pelaksanaan mata kuliah pengenalan lapangan persekolahan (plp) secara daring berdasarkan experiential learning theory. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 173–192. https://doi.org/10.21831/HUM.V21I2.38224
Scriven, A., and Hodgins, M. Editors, (2011) Health Promotion Settings. Principles and Practice, London, Sage | Request PDF. (n.d.). Retrieved November 12, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/262273922_Scriven_A_and_Hodgins_M_Editors_2011_Health_Promotion_Settings_Principles_and_Practice_London_Sage
Soulisa, I. (Irwan), Supratman, M. (Moh. ), Rosfiani, O. (Okta), Renaldi, R. (Reno), Sopiah, S. (Sopiah), Utomo, W. T. (Widya), Hermawan, C. M. (Cecep), Ariati, C. (Chelsi), Riyanti, A. (Apriani), Tauran, S. F. (Sonya), Irwanto, I. (Irwanto), Astiswijaya, N. (Nike), Yenni, Y. (Yenni), & Sutisnawati, A. (Astri). (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN. Widina Bhakti Persada Bandung, 5(3), 1–253. https://repository.penerbitwidina.com/publications/557914/
Sugandi SMA Negeri, E. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DAN LESSON STUDY. EDUTECH, 18(1), 102–120. https://doi.org/10.17509/E.V18I1.15034
Zhou, M., & Brown, D. (2015). Educational learning theories. https://sadil.ws/bitstream/handle/123456789/433/ALG%20Educational%20Learning%20Theories.pdf
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rosmania Rima, Nurul Anriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License