KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN PRESPEKTIF PAULO FREIRE DAN AL GHAZALI
Abstract
Pentingnya para praktisi pendidikan atau guru mengenali pemikiran tokoh-tokoh agar kemajuan pendidikan di Indonesia semakin tercipta dan berkembang. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui konsep kurikulum pendidikan menurut prespektif dua tokoh yang memiliki latar belakang yang sangat berbeda yaitu Paulo Freire dan Al Ghazali. Penulisan artikel ini menggunakan metode analisis literature (library research). Penelitian ini menghasilkan bahawa konsep pendidikan pembebasan menurut Paulo Freire adalah agar pendidikan tidak hanya menjadi alat untuk menyampaikan pengetahuan, tetapi juga sebagai sarana untuk memberdayakan individu, membuka ruang bagi pemikiran kritis, dan mendorong ekspresi bebas dalam menyampaikan pandangan dan pendapat. Sementara itu Al Ghazali yang memiliki latar belakang berbeda memiliki konsep menekankan pentingnya memahami dan mempraktikkan ilmu pengetahuan agama sebagai dasar, sambil juga mengakui nilai dan kebutuhan ilmu-ilmu dunia yang dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini mencerminkan pemahaman yang seimbang antara kepentingan spiritual dan kehidupan duniawi dalam pembentukan kurikulum pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afida, I., Diana, E., & Agus Puspita, D. M. . (2021). Merdeka Belajar dan Pendidikan Kritis Paulo Friere dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman. Vol.12. No.02.
Ali, Al Jumbulati. 1994. Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Alwizar.2015. Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali. Jurnal Potensia.
Arifin, H.M. 1991. Filsafat Pendidikan Islam cet.1. Jakarta, Bumi Aksara.
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol.11. No.1
Hasyim, Farid. (2015) Kurikulum pendidikan agama islam, (Madani, Malang,), h. 14-23
Hikmah, Mariatul. (2020). Makna Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran. Vol 15 No. 1
Madhakomala. Dkk. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan. Vol.8.No.2
Mariatul Kiftiah, Paulo Freire dan Pemikirannya, dalam http://mariatulkiftiah.blogspot.com /2011/06/paulo-Freire-dan-pemikirannya.html diakses pada 7 November 2023.
Mukromin. 2019. Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Para Murobi. Vol.1. No.1.
Nafi, Muhammad. 2017. Pendidik dalam Konsepsi Imam Al-Ghazali. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nuryatno, M. A. (2015). Critical Remarks on Educational Philosophy of Paulo Freire. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol.1. No.1.
Kaelan, M.S. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.
Primarni, Amie, dan Khairunnas. 2016. Pendidikan Holistik; Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna. Jakarta: AMP Press, PT Al Mawardi Prima
Robikhah, A. S. (2018). Paradigma Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Dalam Konteks Pendidikan Agama Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. No.1 Vol. 01.
Wahid, Hasanuddin. 2003. Arti Lapar Bagi Anak Sekolah, dalam: Safiul Arif, Pemikiran Pemikiran Revolusioner. Malang : Pustaka Pelajar.
Yunus, Firdaus M. 2004. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Jogjakarta: Logung Pustaka
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hanafi Ashar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License