ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK HIGHER ORDER THINKING SKILL DI MI SIDOARJO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Optimalisasi Penerapan Model Penilaian Otentik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiya, 1(Juni 2014), 109–120.
Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433
Arsita, S. I. P., & Fathoni, A. (2022). Analisis Faktor Hambatan Guru dalam Melaksanakan Authentic Assesment di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6605–6612. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3319
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Febriana, Ri. (n.d.). Evaluasi Pembelajaran (B. S. Fatmawati, Ed.; Pertama). Bumi Aksara.
Febrianti, V., & Murdiono, M. (2017). Peranan Guru dalam Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 06(04), 501–512.
Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran (Konsep dan Manajemen) (Cetakan I). UNY Press.
Islami, N. (2023). Efektivitas Instrumen Penilaian Sains Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas V SD 1 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Kholis Majid, N., & joko Raharjo, T. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Unjuk Kerja pada Mata Pelajaran IPA di SDN Jlamprang dan SDN Wonosari 03 Kabupaten Batang. Journal of Educational Research and Evaluation Sejarah Artikel, 6(1), 0.
Maryono, M., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2022a). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Instrumen Asesmen Higherer Order Thingking Skills. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1529. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9182
Maulina, D., Slamet, St., & Indriayu, M. (2019). Higherer Order Thinking Skills (HOTS) Instrument in Social Studies Learning for Elementary School Students in Grobogan Regency. Proceedings of the Proceedings of the 1st Seminar and Workshop on Research Design, for Education, Social Science, Arts, and Humanities, SEWORD FRESSH 2019, April 27 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia. Proceedings of the 1st Seminar and Workshop on Research Design, for Education, Social Science, Arts, and Humanities, SEWORD FRESSH 2019, April 27 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia, Surakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2286828
Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assessment Higherer Order Thinking Skill (HOTS) pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII
SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika & Pendidikan Matematika, 1(2), 543–556.
Rif, A., Serevina, V., & Delina, M. (2018). The Development of Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Assessment Instrument for Temperature and Heat Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 19–26. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.04103
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higherer Order Thingking Skills). Tira Smart.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Setiawan, R., Syahria, N., Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Andanty, F. D., Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Nabhan, S., & Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Surawati, N. M., & Sudyana, D. K. (2019). Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu. WIDYANATYA, 1(2), 44–55. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v1i2.496
Utomo, R. O. (2019). Instrumen Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi. Hasta Wiyata, 3(2), 136–146. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.06
Wahyuni, T. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Berbasis Hots Melalui Workshop di MIN 2 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 121–127. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-17
Wulandari, M. T. (2020). Telaah Instrumen Penilaian Ranah Kognitif Buku Referensi Pendalaman Materi Matematika Kelas IV Edisi Revisi 2018. Universitas Negeri Semarang.
Wulandari, Winarni, & Surya. (2022). Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik pada kurikulum 2013 revisi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1–5.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alissa Putri Maharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License