ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK HIGHER ORDER THINKING SKILL DI MI SIDOARJO

Nina Indriani, Sutamah Sutamah, Alissa Putri Maharani, Ninik Wahyuni, Dewi Afidatul Afi, Fadhilah Faradisa Bahri, Shinta Nur Rahma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru MI dalam mengembangkan instrument autentik HOTS pada proses pembelajaran. Dengan adanya penelitian ini, akan menunjukkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru khususnya guru sekolah dasar dalam mengembangkan instrument penilaian higher order thinking skills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian melibatkan guru mata pelajaran dan siswa kelas III, IV dan V MI Sidoarjo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi kesulitan guru sekolah dasar dalam mengembangkan instrument autentik higher order thinking skills yaitu pemahaman guru terhadap kata kerja operasional yang termasuk dalam HOTS, penyesuaian CP (Capaian pembelajaran) dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dalam penyusunan modul ajar, kesulitan guru dalam menyusun instrument autentik penilaian HOTS, serta respon peserta didik terhadap asesmen yang dirancang oleh guru menunjukkan mereka merespon dengan baik dan lebih menyukai jika asesmen dibentuk berupa power point menarik dengan soal-soal evaluasi

Keywords


kesulitan guru, asesmen autentik, HOTS

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Optimalisasi Penerapan Model Penilaian Otentik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiya, 1(Juni 2014), 109–120.

Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433

Arsita, S. I. P., & Fathoni, A. (2022). Analisis Faktor Hambatan Guru dalam Melaksanakan Authentic Assesment di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6605–6612. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3319

Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.

Febriana, Ri. (n.d.). Evaluasi Pembelajaran (B. S. Fatmawati, Ed.; Pertama). Bumi Aksara.

Febrianti, V., & Murdiono, M. (2017). Peranan Guru dalam Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 06(04), 501–512.

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran (Konsep dan Manajemen) (Cetakan I). UNY Press.

Islami, N. (2023). Efektivitas Instrumen Penilaian Sains Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas V SD 1 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Kholis Majid, N., & joko Raharjo, T. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Unjuk Kerja pada Mata Pelajaran IPA di SDN Jlamprang dan SDN Wonosari 03 Kabupaten Batang. Journal of Educational Research and Evaluation Sejarah Artikel, 6(1), 0.

Maryono, M., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2022a). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Instrumen Asesmen Higherer Order Thingking Skills. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1529. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9182

Maulina, D., Slamet, St., & Indriayu, M. (2019). Higherer Order Thinking Skills (HOTS) Instrument in Social Studies Learning for Elementary School Students in Grobogan Regency. Proceedings of the Proceedings of the 1st Seminar and Workshop on Research Design, for Education, Social Science, Arts, and Humanities, SEWORD FRESSH 2019, April 27 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia. Proceedings of the 1st Seminar and Workshop on Research Design, for Education, Social Science, Arts, and Humanities, SEWORD FRESSH 2019, April 27 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia, Surakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2286828

Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assessment Higherer Order Thinking Skill (HOTS) pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII

SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika & Pendidikan Matematika, 1(2), 543–556.

Rif, A., Serevina, V., & Delina, M. (2018). The Development of Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Assessment Instrument for Temperature and Heat Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 19–26. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.04103

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higherer Order Thingking Skills). Tira Smart.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Setiawan, R., Syahria, N., Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Andanty, F. D., Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Nabhan, S., & Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Surawati, N. M., & Sudyana, D. K. (2019). Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu. WIDYANATYA, 1(2), 44–55. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v1i2.496

Utomo, R. O. (2019). Instrumen Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi. Hasta Wiyata, 3(2), 136–146. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.06

Wahyuni, T. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Berbasis Hots Melalui Workshop di MIN 2 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 121–127. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-17

Wulandari, M. T. (2020). Telaah Instrumen Penilaian Ranah Kognitif Buku Referensi Pendalaman Materi Matematika Kelas IV Edisi Revisi 2018. Universitas Negeri Semarang.

Wulandari, Winarni, & Surya. (2022). Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik pada kurikulum 2013 revisi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1–5.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alissa Putri Maharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License