PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN DENGAN METODE MATEMATIKA GASING BERBANTUAN LKPD

Amalia Fitri, Dewi Azizah, Kamila Chairunisa

Abstract


Pecahan seringkali dianggap sebagai  materi  yang relatif sulit dipahami bagi sebagian siswa. Kesulitan tersebut terlihat ketika siswa diminta menentukan pecahan, membandingkan dua pecahan yang memiliki pembilang sama, dan mengoperasikan pecahan. Oleh karena itu, diperlukan  suatu metode pembelajaran yang tepat dan dapat mengaitkan konsep matematika dengan situasi dunia nyata untuk membantu siswa memahami konsep pecahan secara lebih baik. Penerapan metode Matematika Gasing  mengarahkan siswa menemukan konsep Pecahan melalui media benda kongkrit. Penerapan metode Gasing berbantuan LKPD pun dapat memfasilitasi siswa untuk berlatih menyelesaikan masalah Pecahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan metode Matematika Gasing pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimental. Data dianalisis menggunakan  uji Wilcoxon dengan  SPSS dan diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode Matematika Gasing barbantuan LKPD. Selanjutnya kategori peningkatan hasil belajar siswa dianalisis berdasar N-Gain Score diperoleh rata-rata 0,59 termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penarapan metode Matematika  Gasing  berbantaun LKPD dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi pecahan di SD Muhammadiyah Pencongan.

Keywords


hasil belajar; matematika gasing; LKPD; pecahan

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, Nina, Paskalia Pradanti, and Yuliana. 2022. “Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?” Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5(1):568–82. doi: 10.30606/absis.v5i1.1440.

Andi Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Choiroh, Syafira Syaifatul, Sri Handono Budi Prastowo, and Lailatul Nuraini. 2022. “Pengaruh Penggunaan E-LKPD Interaktif Berbantuan Live Worksheets Terhadap Kemampuan Berpikir Kognitif HOTS Fisika Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6(3):694. doi: 10.20527/jipf.v6i3.6795.

Ermayani, Luh, I. Made Suarjana, and Desak Putu Parmiti. 2019. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 1(1):9–17. doi: 10.23887/jp2.v1i1.19325.

Hadi, As’ar Musrimin. 2021. “Penggunaan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Matriks.” DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan 27(2):153. doi: 10.30587/didaktika.v27i2.2262.

Khasanah, Siti Jamilatul, Dewi Patmalasari, and Siti Komariyah. 2017. “Eksperimentasi Metode Gasing Berbasis Aplikasi Refun Game Gadget Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika) 3(2):158. doi: 10.29100/jp2m.v3i2.1769.

Kusuma, Md Wahyu Kurniadhi, I. Nyoman Jampel, and Gd Wira Bayu. 2019. “Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 1(1):37. doi: 10.23887/jp2.v1i1.19330.

Lestari, Olifvia Rizky, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2022. “Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Kewarganegaraan 6(2):2498–2506.

Oktavia, Mirani, Aliffia Teja Prasasty, and Isroyati. 2019. “Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre and Post Test.” Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) (November):596–601. doi: 10.30998/simponi.v0i0.439.

Sunarti. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Gasing Di Sekolah Dasar.” 2(1).

Swaratifani, Yerrina, and Budiharti. 2021. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada.” Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):14–19.

Wahidah, Nazilatul, H. Hasanuddin, and Hartono Hartono. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1(1):79. doi: 10.24014/juring.v1i1.4775.

Wibowo, Ari Wicaksono, Gustina Dwi Suryaningrum, Nila Ariana Ristianti, Priti Agustin, and Putri Prasetyaningtyas. 2022. “Meta-Analisis Pengaruh Metode Gasing Pada Pembelajaran Matematika SD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1):142–48. doi: 10.33487/mgr.v3i1.3686.

Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika SD. 1st ed. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amalia Fitri, Dewi Azizah, Kamila Chairunisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License