PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN DENGAN METODE MATEMATIKA GASING BERBANTUAN LKPD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, Nina, Paskalia Pradanti, and Yuliana. 2022. “Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?” Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5(1):568–82. doi: 10.30606/absis.v5i1.1440.
Andi Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.
Choiroh, Syafira Syaifatul, Sri Handono Budi Prastowo, and Lailatul Nuraini. 2022. “Pengaruh Penggunaan E-LKPD Interaktif Berbantuan Live Worksheets Terhadap Kemampuan Berpikir Kognitif HOTS Fisika Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6(3):694. doi: 10.20527/jipf.v6i3.6795.
Ermayani, Luh, I. Made Suarjana, and Desak Putu Parmiti. 2019. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 1(1):9–17. doi: 10.23887/jp2.v1i1.19325.
Hadi, As’ar Musrimin. 2021. “Penggunaan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Matriks.” DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan 27(2):153. doi: 10.30587/didaktika.v27i2.2262.
Khasanah, Siti Jamilatul, Dewi Patmalasari, and Siti Komariyah. 2017. “Eksperimentasi Metode Gasing Berbasis Aplikasi Refun Game Gadget Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika) 3(2):158. doi: 10.29100/jp2m.v3i2.1769.
Kusuma, Md Wahyu Kurniadhi, I. Nyoman Jampel, and Gd Wira Bayu. 2019. “Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 1(1):37. doi: 10.23887/jp2.v1i1.19330.
Lestari, Olifvia Rizky, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2022. “Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Kewarganegaraan 6(2):2498–2506.
Oktavia, Mirani, Aliffia Teja Prasasty, and Isroyati. 2019. “Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre and Post Test.” Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) (November):596–601. doi: 10.30998/simponi.v0i0.439.
Sunarti. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Gasing Di Sekolah Dasar.” 2(1).
Swaratifani, Yerrina, and Budiharti. 2021. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada.” Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):14–19.
Wahidah, Nazilatul, H. Hasanuddin, and Hartono Hartono. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1(1):79. doi: 10.24014/juring.v1i1.4775.
Wibowo, Ari Wicaksono, Gustina Dwi Suryaningrum, Nila Ariana Ristianti, Priti Agustin, and Putri Prasetyaningtyas. 2022. “Meta-Analisis Pengaruh Metode Gasing Pada Pembelajaran Matematika SD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1):142–48. doi: 10.33487/mgr.v3i1.3686.
Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika SD. 1st ed. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Amalia Fitri, Dewi Azizah, Kamila Chairunisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License