METODE ASSESMENT GURU PAI TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER MORAL KEAGAMAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan assesment Guru PAI dan pengembangan karakter moral keagamaan siswa, metode assesment pada pengembangan karakter moral keagamaan siswa probolingngo. Karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut bahwa: 1). Penerapan metode assesment Guru PAI dilaksanakan sesuai dengan prinsip formatif yang terintregasi dengan kegiatan pembelajaran, 2) Metode assesment Guru PAI dapat mengembangkan karakter moral keagamaan peserta didik menjadi lebih baik melaksanakan kewajiban beribadah. Implikasi metode assesment yang diterapkan di SMP An Nur Karomatul Hasan dalam bidang pendidikan agama islam ini bisa digunakan sebagai alternatif dalam membentuk akhlak peserta didik melalui kebiasan - kebiasaan baik yang dilaksanakan secara berulang. Seperti pembiasaan sholat, zakat, qurban, serta pembiasaan berkata jujur, sopan dan lain sebagainya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhwani. 2021. Pendidikan Karakter. Indonesian Journal of Primary Education, vol. 5 no.1.
Cahyaning Tyas, Berlian. (2021). Penanaman Sikap Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP Nusantara Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi, Universitas Sains Al- Quran (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo, 2021)
Irmania, Ester. Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, vol. 23 no.1 (Juni 2021). https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/view/2970/2045 (Diakses tanggal 24 Desember 2021)
Majid, Abdul. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya. Maula, Ismatul. 2021. Pengembangan Metode Pembelajaran PAI .
Bandung :Media Sains Indonesia.
Muslich, Masnur. 2017. Pendididkan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.
Malang : Surya Pena Gemilang.
Neolaka, Amos. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri. Depok: Kencana.
Nur Fitriyaningsih, Aprilia.(2020) Pembinaan Akhlak Remaja Melalui Kegiatan Keagamaan Dalam Menghadapi Tantangan di Era Informasi (Studi Kasus di Desa Semarang, Banjarnegara) (Skripsi, Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo, 2020)
Priyatna, Andri. 2021. Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying.
Jakarta: Gramedia.
Rukhayati, Siti. 2020. Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al-Falah Salatiga. Salatiga: LP2N Press IAIN Salatiga.
Rusliana, Zulfa. (2018) Pengaruh Media Sosial Online Terhadap Sikap Keagamaan dan Akhlak Remaja di Dusun Mentosari Ngadimulyo Selomerto Wonosobo Tahun 2017/2018. (Skripsi, Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo)
Safithry, Esti Aryani. 2018. Assesment Teknis dan Non Teknis. Purwokerto: CV IRDH. Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i3.116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erika Febriana, Ahmad Fauzi, Herawati Herawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License