KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENERAPAN VARIASI MENGAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI”DAN KOMUNIKASI PASCA MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU

Darojah Arga Fatmawati, Imam Sutomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam penerapan variasi mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh guru sebelum mengikuti PPG, variasi mengajar yang dilakukan oleh guru dan kesulitan guru dalam menerapkan variasi mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi pasca mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) MI Kabupaten Magelang. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini ialah triangulasi dengan menggunakan jenis triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum mengikuti PPG, jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru ialah buku paket, media gambar, media visual dan audio visual, ada juga guru yang menggunakan media yang kongkrit atau asli. Guru belum sepenuhnya menyesuaikan media yang digunakan dengan tujuan pembelajaran dan kondisi anak. Sebelum mengikuti PPG guru kurang menguasai dalam TIK dibandingkan dengan setelah mereka mengikuti PPG guru lebih kompeten. Variasi mengajar berbasis TIK yang diterapkan guru setelah mengikuti PPG yaitu dengan memanfaatkan media visual power point presentation yang menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan anak, membuat video pembelajaran yang diunggah (upload) di youTube,  penggunaan Google meet, audio visual, video kreatif live di YouTube, media berbasis Flash atau animasi ebook, dan sistem e-learning. Ada juga guru yang telah mempraktikkan pembuatan video sendiri. Kesulitan guru dalam menerapkan variasi mengajar berbasis TIK dikarenakan kemampuan guru di bidang IT masih kurang, kurangnya dukungan dari sekolah dalam penyelenggaraan pelatihan dibidang TIK, akses internet di Madrasah dan dilingkungan rumah siswa yang kurang stabil dan kendala pada kurangnya sarana prasarana pendukung di Madrasah.

Keywords


Kompetensi Pedagogik Guru; Validasi Mengajar; Teknologi Informasi dan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Adrian, Yudha, dan Rahidatul Laila Agustina. 2019. “Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0.” 14(06):234–35.

Agung, Dewa Agung Gede. 2021. “Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia 4(1):1. doi: 10.17977/um0330v4i1p1-8.

Arianti, ARIANTI. 2018. “Pengembangan Variasi Mengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(1):696–714. doi: 10.35673/ajmpi.v7i1.313.

Astuti, S. B. Waluya, dan M. Asikin. 2019. “Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019 2(1):469–73.

Batubara, Delila Sari. 2017. “Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI.” MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3(1):48–65.

Darmawan, Jon. 2019. “Menjadi Guru Era Pendidikan 4.0.” Serambinews.com.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Idris. n.d. “Standar Kompetensi Guru Profesional.” Standar Kompetensi Guru Profesional 41.

Idris, Marno dan M. 2014. trategi, Metode, dan Teknik Mengajar : Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: r- Ruzz Media.

Indragani, Kadek Dewi Purnama, I. Made Astika, dan Ade Asih Susiari Tantri. 2021. “Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 11(4):482. doi: 10.23887/jjpbs.v11i4.39865.

Ismail, Shalahudin. 2021. “Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 4(02):113. doi: 10.24127/att.v4i02.1229.

Ma’rifah, Destri Ratna, dan Purwanti Pratiwi Purbosari. 2020. “Pendidikan Profesi Guru Dalam Pandangan Mahasiswa.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 9(1):6. doi: 10.20961/inkuiri.v9i1.41375.

Manongga, Anisa. 2021. “Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar.” Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 978-623–98(November):1–7.

Mansyur. 2017. “Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru.” El-Ghiroh XII(01):131–47.

Meta Oktri Astuti, Syamwil, Dessi Susanti. 2018. “Analisis Faktor Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru Melalui Program Pendidikan Profesi Guru.” EcoGen 1:766–75.

Noor, Fu’ad Arif. 2019. “Kompetensi Pendidik MI di Era Revolusi Industri 4.0.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 7(2):251. doi: 10.21043/elementary.v7i2.6386.

Nuryani, Danik, dan Ita Handayani. 2020. “Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 10 januari 2020 224–37.

Oemar Hamalik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pajar, Jurnal, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fkip Universitas, Riau Volume, Issn Cetak, dan Issn Online. 2018. “Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kuantan singingi.” 2(3):608–18.

Parameswari, Ni Made Diany. 2021. “Kompetensi Guru Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Daring Kelas Iv Di Sdn 11 Kecamatan Cakranegara.” Jurnal Kependidikan 6(1):21–27.

Prajoko, Indra. 2021. “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di Perguruan Tinggi Era Revolusi Industri 4.0.” 4(1):6.

Prasojo, Lantip Diat, Udik Budi Wibowo, dan Arum Dwi H. 2017. “Manajemen Kurikulum Program Profesi Guru Untuk Curriculum Management of Teacher Professional Program for Frontier , Outermost , and Least Developed Regions.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1):39–53.

Quddus, Abdul. 2020. “Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram.” Jurnal Tatsqif 17(2):213–30. doi: 10.20414/jtq.v17i2.1911.

Ramaliya. 2018. “Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran.” Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman 9(1):77–88.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, Firda Amelia, Titik Sugiarti, dan Fajar Surya Hutam. 2019. “Jurnal Profesi Keguruan.” Jurnal Profesi Keguruan 5(1):15–22.

Saputra, Iwan. 2015. “Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar.” Jurnal 17(2):28–35.

Shalahudin, Ismail. 2020. “Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi.” (02):113–24.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tekege, Martinus. 2017. “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire.” Jurnal Teknologi dan Rekayasa 2(1):40–52.

Usman, M. U. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yunus, Maya, dan Margono Mitrohardjono. 2020. “Pengembangan Tehnologi Di Era Industri 4.0 Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal.” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Vol 3(No. 2):129–38. doi: 10.24853/tahdzibi.3.2.129-138.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulfitri, Hanifa, Ndya Putri Setiawati, dan Ismaini. 2019. “Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru.” LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra 19(2):130–36.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i3.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Darojah Arga Fatmawati, Imam Sutomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License