PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TOLERANSI MELALUI PENCAK SILAT PAGAR NUSA SISWA KELAS VIII MTS MAMBAUL HISAN TEMPURAN MAGELANG
Abstract
Karakter disiplin dan toleransi merupakan pendukung keberhasilan pendidikan karakter di Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Pada kenyataannya, di dalam dunia pendidikan masih terdapat permasalahan remaja yang tidak mencerminkan sikap disiplin dan toleransi. Bahkan berita harian Radar Semarang menyatakan, bahwa dekadensi moral bangsa Indonesia terus mengalami kemerosotan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter disiplin dan toleransi, problematika dan solusinya melalui pencak silat pagar nusa kelas VIII di MTs Mambaul Hisan Tempuran Magelang. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini, meliputi: Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Pelatih, dan beberapa siswa kelas VIII. Pengumpulan data diperoleh dengan cara mengamati dokumen perencanaan, proses dan evaluasi, serta mengumpulkan dokumen kegiatan dalam pendidikan karakter. Penyajian data dilakukan dalam bentuk deskripsi singkat kegiatan, meliputi: perencanaan, proses dan evaluasi dalam pembentukan karakter disiplin dan toleransi melalui pencak silat pagar nusa. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data dan menyajikan data-data yang diperoleh dengan deskripsi singkat kegiatan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter disiplin dan toleransi melalui pencak silat pagar nusa pada siswa VIII di MTs Mambaul Hisan Tempuran Magelang, meliputi: (1) Proses pendidikan karakter disiplin dan toleransi diikuti pelatih dan siswa hadir tepat waktu, menghormati dan menjunjung tinggi sportifitas. (2) Materi pendidikan karakter disiplin dan toleransi mengarah keatlitan dan Kepagarnusaan. (3) metode pendidikan karakter disiplin dan toleransi dengan keteladanan. (4) Cara Siswa mengimplementasikan karakter disiplin dan toleransi di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. (5) Problematika dalam pendidikan karakter disiplin dan toleransi: ketersediaan pelatih, kesiapan siswa dan dukungan orang tua. (6) Solusi dalam pendidikan karakter disiplin dan toleransi dengan merekrut pelatih dari luar pondok pesantren, memberlakukan peraturan dan hukuman, memberikan motivasi serta memberikan kesempatan mengikuti lomba.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Majali, S., & Al Khaaldi, K. (2020). Values of tolerance in relation to academic achievements, cultures, and gender among UAE universities students. International Journal of Instruction, 13(3), 571–586. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13339a
Alamin, R. L., & Kurniawan, M. W. (2021). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan
Chandra, P., Marhayati, N., & Wahyu. (2020). Pendidikan Karakter Religius Dan Toleransi Pada Santri Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 111–132.
Ediyono, S. The Analysis Of Philosophy Pencak Silat Indonesia: A Case Study In Persaudaraan Setia Hati Terate.
Fadhilah, L. N. (2021). Pendidikan karakter Religius Melalui Pencak Silat Pagar Nusa Di Smpi Abu Ghonaim Bumiaji Kota Batu. Turatsuna: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/12513
Hanafi. Wawancara Hanafi, 2022.
Hasfiana, H., Said, N., & Naro, W. (2019). Pendidikan karakter Toleran Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 267. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i8
Huda, N. (2019). Pendidikan karakter Religius Melalui Pendidikan Pencak Silat (Studi Multi Kasus Persaudaraan Setia Hati Terate di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan Pagar Nusa di SMP KHM.Nur Karang Tembok. Tesis.
Kartika, N. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan…, Nila Kartika, FKIP, UMP, 2017. 6–33.
Mandayu, Y. Y. B. (2020). Pendidikan karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2). https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1598
Moha, D. S. & I. (2019). Resum Ragam Penelitian Kualitatif. .
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mufarriq, M. U. (2021). Mendidik Karakter Pemuda Melalui Pencak Silat. Khazanah Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.10193
Muh, Ari. (2019). Kedisiplinan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Poto, L. M. A., & Kuncoro, W. (2020). Pembinaan kedisiplinan peserta didik.
Priastindani, N. (2017). Peningkatan Sikap Toleransi, Niken Priastindani, FKIP, UMP, 2017. 7–30.
Putry, R. (2018). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54.
Rachman, T. (2018). Penanaman Karakter Toleransi dan Pendidikan Multikultural. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2020). Penanaman karakter toleransi di sekolah dasar inklusi melalui pembelajaran berbasis multikultural. Inovasi Pendidikan, 293–302.
Redhi. Wawancara Redhi Jalu Sambada, 2022.
Salsabila, U. H., Hutami, A. S., Fakhiratunnisa, S. A., Ramadhani, W., & Silvira, Y. (2021). Peran Pendidikan Islam terhadap Pendidikan karakter Disiplin Peserta Didik. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3). https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1391
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pendidikan karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526
Suradi. (2017). Pendidikan karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin. 2(November), 522–533.
Suroyyah N. (2022). Strategi Penanaman Sikap Toleransi Di Sekolah Inklusi SMPN 3 Krian Sebagai Perwujudan Education For All.
Taufik, A., & Akip, M. (2021). Pendidikan karakter Disiplin bagi Siswa. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2). https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1674
Usman Ridho. Wawancara Usman Ridho, 2022.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i3.112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Muhamad Abdulloh Mubaroq, Fatchurrahman Fatchurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License