PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI SIFAT AMANAH SISWA KELAS IV MI AL HUDA KEDUNGUMPUL KANDANGAN TEMANGGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan data penerapan literasi digital dalam pembelajaran, untuk menganalisis aktifitas siswa dalam memanfaatkan digital literacy skill pada pembelajaran dan untuk mengungkap faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi digital dalam pembelajaran akidah akhlak materi sifat amanah siswa kelas IV MI Al Huda Kedungumpul. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru kelas IV, peserta didik dan walimurid MI Al Huda Kedungumpul. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan penelaahan dokumen. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan literasi digital merupakan kemampuan memanfaatkan teknologi dan informasi dengan menggunakan perangkat digital dalam berbagai aspek yang digunakan dalam dunia pendidikan. Penggunaan literasi digital pada pembelajaran sebagai akses informasi dalam memudahkan siswa untuk memenuhi kebutuhan dan rasa ingin tahu yang lebih mendalam. Sebagai guru juga harus bisa lebih inovatif dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik; (2) Aktifitas siswa secara mandiri belajar menggunakan literasi digital pada ranah afektif dapat dilihat dari sikap mandiri, kerjasama dan tanggung jawab. peserta didik saat ini sudah semakin memahami dan mandiri dalam belajar dan tanggung jawab mengerjakan tugas-tugasnya, hal ini dapat membangun dan terintegrasi antara kebiasaan literasi dengan perilaku peserta didik, Selain itu nilai akademik mereka semakin bagus, lebih bertanggung jawab dan disiplin mengumpulkan tugas; (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi digital yaitu adanya dukungan fasilitas dan sarana-prasarana penunjang di satuan pendidikan, literasi digital dikembangkan sebagai mekanisme pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum atau setidaknya terkoneksi dengan sistem belajar mengajar. Adapun hambatan yang ditemukan dalam penerapan literasi digital adalah terkait keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, keterbatasan fasilitas dirumah terutama gadget dalam mendukung berlangsungnya pembelajaran daring, Sumber daya manusia, kemudian hambatan keterbatasan dalam durasi waktu pelajaran dan kendala secara teknis seperti masalah jaringan internet dan gadget yang tidak mensuport
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru, dkk. Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran di Sekolah dasar Indonesia den Haag, Elementary School, Volume 8 nomor 2 Juli 2021.
Blummer, B., & Kenton, J. M. (2014). Improving student information search: A metacognitive approach. Chandos Publishing.
Cassie Hague and Sarah Payton, Digital literacy across the curriculum, Futurelab 2010, https://www.nfer.ac.uk/publications/FUTL06/FUTL06.pdf. Diakses tanggal 5 April 2022.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Buku Siswa Akidah Akhlak, Kementerian Agama RI : 2020.
Dokumen perangkat pembelajaran MI Al Huda Kedungumpul kelas IV.
Gagne, R. (1985). The conditions of learning and theory of instruction Robert Gagné. New York, NY: Holt, Rinehart ja Winston.
Jaipal-Jamani, K., Figg, C., Gallagher, T., Scott, R. M., & Ciampa, K. (2015). Collaborative professional development in higher education: Developing knowledge of technology enhanced teaching. Journal of Effective Teaching, 15(2), 30-44.
Jason Budge, “Digital literacy - What do primary aged children need to know?”, https://www.bcs.org/content/ConBlogPost/2598. Diakses tanggal 5 Januari 2022.
Kemendikbudristek RI, Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar, 2021.
Kolid, Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru Pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar Dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar, Horizon Pedagogia, 2020.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. Ke-2, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005.
Livingstone, S., Van Couvering, E., Thumin, N., Coiro, J., Knobel, M., Lankshear, C., & Leu, D. (2008). Converging traditions of research on media and information literacies. Handbook of research on new literacies, 103-132.
Muhamad Kholid Fathoni, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional, Jakarta:
Depag RI, Direktorat Jendral kelembagaan Agama Islam, 2005.
Nasrullah, Rullie. et. al, Materi Pendukung Literasi Digital, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Paul Gilster, An excerpt from Digital Literacy. Meridian, Tuesday, July 27, 1999, hlm. 1-2, di download, Sabtu, 5 Maret 2022 pukul 22.15.
Payton, J., Weissberg, R. P., Durlak, J. A., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., Schellinger, K. B., & Pachan, M. (2008). The Positive Impact of Social and Emotional Learning for Kindergarten to Eighth-Grade Students: Findings from Three Scientific Reviews. Technical Report. Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (NJ1).
Rahim, M. Y. (2011). Pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran dan informasi pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127-135.
Rahmaniati, R., Mariani, N., & Usop, D. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Peserta Didik Belajar di Masa Pandemi Covid-19 pada SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 109-116.
Sa'dullah, M. (2020). Pandemi Covid-19 Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pada Siswa Smp N 1 Banyubiru Kabupaten Semarang) Tahun 2020 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Satgas GLS, Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama (Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013) Ditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018.
Sudarwan. Danim, Menjadi Penulis Kualitatif, cet. Ke-1, Bandung : Pustaka Setia, 2002.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R & D, Cet. Ke- 19, Bandung : Alfabeta, 2013.
Suhardoko, Aris. Implementasi Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Didik di MTs Al-Hidayah, IAIN Metro, Tesis, 2018.
Sulianta, Feri. Literasi Digital, Riset, Perkembangannya dan Perspektif Sosial Studies, Bandung: Feri Sulianta, 2020.
Undang-undang republik indonesia nomor 14 tahun 2005-JDIH, https://jdih.usu.ac.id, di akses pada tanggal 4 April 2022.
Wawancara bersama guru kelas IV MI Al Huda Kedungumpul.
Wawancara bersama Kepala Madrasah MI Al Huda Kedungumpul.
Wawancara bersama peserta didik MI Al Huda Kedungumpul.
Wawancara bersama walimurid MI Al Huda Kedungumpul.
Wuryandari, Wuri. et. al., Pendidikan Karakter Melalui Program Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, Yogyakarta State University: International Conference on Meaningful Education, 2019.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i3.111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahmad Marzuki, Adang Kuswaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License