KOMPETENSI PENDIDIK SAYYID MUHAMMAD BIN ALWI AL MALIKI DALAM KITAB MUHAMMAD AL-INSAN AL-KAMIL

Wisnu Wisnu, Mukh Nursikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pendidik pada kitab Muhammad al-Insan al-Kamil Karya Sayid Muhammad. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui pertanyaan adalah:(1) Bagaimana kompetensi Rasulullah dalam kitab Muhammad al-Insan al-Kamil? (2) Bagaimana relevansi kitab Muhammad al-Insan al-Kamil terhadap pendidik? Metode penelitian yang digunakan adalah penellitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Muhammad al-Insan al-kamil, sumber sekundernya diambil dari kitab-kitab lain, jurnal, artikel, buku dan lain sebagainya yang bersangkutang dan relevan dengan penelitian. Tekns analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Muhammad al-Insan al-Kamil relevan didalam dunia pendidikan. Kompetensi pendidikan yang terkandung didalamnya yaitupemahaman wawasan dengan Metode perumpamaan, kesempurnaan kasih sayang terhadap alam semesta, kesempurnaan sifat dermawanya, menguatkan perkataan dengan bukti teoritis, menjawab persoalan dengan rasionil, kelembutan dalam bergaul pada manusia, canda menyegarkan suasana, menghilangkan keprihatinan dan menyenangkan hati. Kompetensi pendidik dalam kitab tersebut relevan dengan kompetensi pendidik.

Keywords


Kompetensi Pendidik; Muhammad Bin Alwi Al Maliki; Kitab Muhammad al-Insan al-Kamil.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhammad. 2015. Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran Saintifik. Seminar Nasional Pendidikan. Semarang

Andina, Elga. 2018. Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Jurnal Masalah-Masalah Sosial. Volume 9, Nomor 2, Desember 2018. Diakses tanggal 1 mei 2020

Asy’ari, Hasyim. (1998). Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Jombang: Maktabah Sururiyah

Budi, Candra Setia. 2020. Kronologi 2 Guru SMAN 8 Medan Berkelahi di DalamKelas.Kompas.com.(https://medan.kompas.com/read/2020/02/11/19352721/kronologi-2-guru-sman-8-medan-berkelahi-di-dalam-kelas?page/2. diakses 9 Maret 2020)

Departemen Agama RI. 2016. Al-Qur’an Tajwid & Terjemah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Iyadl, Qadli. (2013). As-Syifa bi-Ta’rifi Huquq al-Musthofa. Dubai: Jaizah Dubai Dauliyyah

Jabbar, U. A. (2002). Siyar wa at-Tarajim. Jiddah: Tuhamah.

Madkholi, Z. b. (1993). Al-Afnan an-Nadiyyah. Iskandar: Dar Ulama’ al-Salaf

Maimoen, Muhammad Najih. 2012. Karakter Pendidikan Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Sarang: TB Al Anwar.

Mauladdawilah, Abdul Qadir Umar. 2013. 17 Habaib Berpengaruh di Indonesia. Malang: Pustaka Basma

Muhammad Bin Alawi al-Maliki al-Hasani. 2008.Muhammad Al-Insan Al-Kamil. Beirut: al-Maktabah al-Ashriyah.

Nursapia harahap. 2014. “Penelitian Kepustakaan”. Jurnal Iqra‟ Volume 08 No.01, Mei, hlm. 68

Sudarlan. 2016. Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian terhadap Kinerja dosen. Jurnal Eksis Vol.12, No 1

Taufiqurrahman. 2018. Penganiayaan Guru oleh Siswa di Sampang. Kompas.com.(https://regional.kompas.com/read/2018/02/03/10041991/penganiayaan-guru-oleh-siswa-di-sampang-begini-kronologinya. diakses 10 Maret 2020)

Wajdi, F. (2016). Tiga Wali Allah. Kab. Semarang: Kang Een.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i3.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 wisnu -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License