Pengaruh Store Environment, Digital Marketing, dan Religiusitas Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Moderasi
Keywords:
Store Environment, digital marketing, religiusitas, loyalitas, kepuasan pelanggan, retail storeAbstract
Pada era revolusi industri 4.0 ini, toko retail modern mengalami masalah loyalitas pelanggan yang diakibatkan dari perubahan teknologi yang sangat pesat. Walaupun banyak manfaat yang diberikan oleh perkembangan teknologi ini, namun toko ritel modern sangat terdampak dari perkembangan e-commerce yang sedang berkembang saat ini sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Store Environment, Digital Marketing dan Religiusitas terhadap loyalitas toko ritel fisik dengan kepuasan sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang didapatkan dari pengolahan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada pelanggan toko ritel yang ada di Salatiga. Sampel yang diambil sebanyak 100 ini diambil dengan accidental sampling, dan untuk objek kami menggunakan purposive sampling. Data yang terkumpul kami olah dengan menggunakan SmartPLS versi 4.0. Analisis yang digunakan melalui uji statistik inferensial, SEM-PLS, dan MRA (moderated regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Religiusitas dan Kepuasan memberikan pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan Store Environment dan Digital Marketing tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Kepusaan tidak dapat memoderasi pengaruh Store Environment, Digital Marketing, dan Religiusitas terhadap loyalitas.



.png)

