Persepsi Mahasiswa Ilmu Politik Terhadap Tagline Politik Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pada Pilkada Provinsi Jambi

Authors

  • Ninik Risdiani Universitas Jambi
  • Desy Dwi Wulan A. Tampubolon Universitas Jambi
  • Febri Yanti Tri Nanda Universitas Jambi
  • Nafa Pratiwi Purba Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i1.76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Jambi terhadap Tagline Politik Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi tahun 2020 dan Efektivitas tagline politik terhadap Persepsi Keterpilihan Mahasiswa Ilmu Politik 2021 dan 2022  dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi tahun 2020. Metode penelitian mengunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner.populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu politik angkatan 2021 dan 2022 universitas jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa dengan menggunakan metode slova. Hasil dari penelitian ini mahasiswa ilmu politik unversitas jambi merespon baik dengan adannya tagline politik para calon, karena tagline politik menjadi salah satu alat kampnye yang dibutuhkan.

References

Ayuningtiyas, F., & Wahyuningtyas, A. (2023). Implementasi Prinsip Demokrasi dalam Pelaksanaan Pemilihan Umum. Amnesti: Jurnal Hukum, 5(1), 138-150.

Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 2, 121-80.

Dapu, F. M. (2014). Sistem Ketatanegaraan Indonesia Sebelum Dan Sesudah Amandemen UUD 1945. Lex Administratum, 2(3).

Dhaneswara, V. A. (2019). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Berbelanja Online Pada Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung).

Firmanzah, P. D. (2010). Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan Positioning, Ideologi Politik dan Era Demokrasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Latif, A., & Chariansyah, H. (2023). Pengaturan Pelaksanaan Wewenang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam Perspektif Pembentukan Undang-Undang. UNES Law Review, 6(1), 2444-2455.

Mulya, M. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Tagline Politik Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Pada Pilkada Serentak Provinsi Jambi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Nazriyah, R. (2017). Penguatan Peran Majelis Permusyawaratan Rakyat Dalam Struktur Ketatanegaraan Indonesia. Jurnal Hukum & Pembangunan, 47(1), 39.

Simandjuntak, R. (2015). Sistem Desentralisasi Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Perspektif Yuridis Konstitusional. De Jure: Jurnal Hukum dan Syar'iah, 7(1), 57-67.

Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). Acta Diurna Komunikasi, 5(2).

Wandi, W. (2019). Penggunaan Tagline Akar-Super Dan Lhd-Azas Oleh Para Kandidat Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Soppeng Tahun 2015. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 89-95.

Wanto, H. (2019). Analisis Fiqh Siyasah Tentang Etika Kampanye Politik Pada Pilkada Serentak Tahun 2017 di Lampung Barat (Studi Pada KPUD Kabupaten Lampung Barat) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

WIDIA, N. L. (2023). Strategi Pemenangan Lanosin-Yudha Dalam Politik Kekeluargaan Pada Pilkada Ogan Komering Ulu Timur Tahun 2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Ninik Risdiani, Desy Dwi Wulan A. Tampubolon, Febri Yanti Tri Nanda, & Nafa Pratiwi Purba. (2024). Persepsi Mahasiswa Ilmu Politik Terhadap Tagline Politik Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pada Pilkada Provinsi Jambi. Swakarya: Jurnal Penelitian Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i1.76