PROYEK EDUKATIF UNTUK GENERASI KREATIF DAN BERTANGGUNG JAWAB BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.59698/swakarya.v3i2.496Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi proyek edukatif dalam meningkatkan kreativitas dan menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa SMA Plus Bina Insani Pondok Aren, Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek edukatif memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan ide kreatif melalui pemanfaatan fasilitas sekolah seperti laboratorium multimedia, sablon, dan pertanian hidroponik. Kreativitas siswa tampak dalam kemampuan menghasilkan karya nyata yang relevan dengan kebutuhan lingkungan. Di sisi lain, nilai tanggung jawab juga diperkuat melalui pembagian tugas kelompok, pemeliharaan fasilitas, manajemen waktu, dan keberanian mempertanggungjawabkan hasil karya. Proyek edukatif terbukti efektif dalam membentuk ekosistem belajar yang tidak hanya berorientasi pada hasil akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter. Dengan demikian, model ini dapat menjadi strategi pendidikan yang relevan untuk mempersiapkan generasi kreatif, inovatif, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan era modern.
References
Arini, I., Pradana, S. P., Syahrul, M., Sianturi, A. S. R., & Bahri, H. (2025). Project-Based Environmental Action: Penguatan Kepedulian dan Solusi Kreatif Siswa terhadap Isu Lingkungan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(3), 3798-3806.
Dharma, S., Nururrahmah, N., Kamal, N. M., Humairah, S. A., & HS, S. M. (2025). Penguatan Literasi Lingkungan Generasi Z Melalui Kegiatan Edukatif. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 77-87.
Hidayat, W. N., & Kuswanto, K. (2024). Relevansi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali dan Ibnu Sina. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 92-101.
Hidayat, W. N., & Malihah, N. (2023). Implementasi Beberapa Teori Belajar Dalam Aplikasi Sholat Fardhu (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori Belajar Medan Kurt Lewin, dan Teori Kondisioning Ivan Pavlop di Masjid Al-Ikhlas Sarirejo). Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-10.
Juanda, A., Ali, M., Azizi, A., Anshory, Y. Z., & Fathurohman, O. (2025). Pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan Berorientasi Pengembangan Kreativitas Entrepreneurshi Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Inovasi Global, 3(5), 764-774.
Lestari, S. P., Dewi, R. S., & Junita, A. R. (2024). Menumbuhkan kreativitas tanpa batas: strategi inovatif sekolah dalam mengembangkan karakter kreatif siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 358-364.
Makki, M. A. (2025). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Pelajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 15(1), 32-38.
Nabiilah, L. N. S., Lutfiana, R. F., & Widodo, R. (2025). Penguatan karakter generasi emas indonesia melalui implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 10(1), 31-42.
Sa’diyah, J., Musawira, M., Haris, N. A., & Ainun, N. A. (2025). Implementasi Nilai Kepemimpinan dan Kewirausahaan dalam Pendidikan Sekolah Menengah: Upaya Mempersiapkan Generasi Emas 2045. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 259-268.
Saputra, D. G., Malintang, J., Wulandani, N., Rachman, A., & Husain, D. L. (2025). Pendidikan Karakter dalam Membentuk Generasi Entrepreneur Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(2), 1239-1246.
Shah, K., & Oviyanti, F. (2025). Analisis Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Keterampilan Kolaborasi Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei), 2761-2774.
Siregar, L. (2025). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam: Menyiapkan Siswa untuk Kompetensi Abad 21. Edukatif, 3(1), 174-179.
Widiyantoro, W. (2025). Analisis Kurikulum Merdeka Mengenai Sikap dan Nilai Siswa pada Kelas Menengah Pertama. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 314-321.
Zalukhu, B., Napitu, U., Zalukhu, Y., & Hulu, N. S. (2023). Pengaruh proyek penguatan profil pelajar pancasila terhadap pembentukan karakter dan moral peserta didik di sekolah menengah pertama. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2102-2115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Usman Bunga Jalil Junior, Fahri Bama Septiansyah, Yoga Hilmi Yahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.