NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i1.268Abstract
Bagaimana nilai sosial siswa setelah mempelajari dan memahami peran Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bermanfaat bagi guru untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan mereka dalam masyarakat sosial. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode campuran dengan desain eksplanatori. Sampel penelitian terdiri dari guru dan siswa. Temuan penelitian dianalisis dan dijelaskan menggunakan teknik pengumpulan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sosial siswa, dari total 3 sekolah, yaitu SMP Negeri 30 Tanjab Timur, SMP Negeri 24 Tanjab Timur, dan SMP Negeri 11 Tanjab Timur, didominasi oleh hasil dalam kategori sangat baik. Hal ini terlihat ketika aktivitas pembelajaran mereka mempraktikkan nilai-nilai sosial seperti disiplin, kejujuran, kesopanan, dan saling menghargai, yang merupakan nilai-nilai sosial yang umumnya berlaku di sekolah
References
Abdurahman, Gradjito, & Budiarti, R. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas Xi Sma. Jurnal Biodik. 1(1),1-8
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum. 13(1),25-38
Amin, M. (2016). Sosialisasi Nilai-Nilai Agama Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Uin Sunan Kalijaga. Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial. 10(2),133-154
Ariananda, E.,S, Hasan.,S & Rakhman.,A. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education. 1(2).
Barrett, N., McEchain, A., Mills, J., & Valant, J. (2017). Disparities in Student Discipline by Race and Family Income. Education Research Alliance. 1-51
Cahyo, S. D., Muslim, M. R. U., Rahman, A. N., & Pratolo, B. W. (2019). Needs analysis of Islamic-based English reading material for the Muhammadiyah junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 8(2). 286-292
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: SAGE
Cyr, S & Choo, C.W. (2010). The individual and social dynamics of knowledge sharing: an exploratory study. Journal of Documentation. 66 (6) . 824-846
Dalmeri & Supadi. (2018). Concentration on Learning Program Development in Islamic Education. Al-hayat: Journal of Islamic Education (AJIE). 2(2). 213-230
Das, S. W. H., Halik, A., & Amaluddin. (2016). Paradigm of Islamic in the Future: The Integration of Islamic Boarding School and Favorite School. Information Management and Business Review, 8 (4), 24-32.
Dewi, R., Budiarti., & Aina. (2017). The Development Of Learner Activity Sheet- Charged Character Education With A Learning Model Of Guided Inquiry On Material Of Bacteria For Students Of Class X High School. Biodik. 3(1),17-26
Dolev, N ., & Leshem, S. 2016. Developing emotional intelligence competence among teachers. Teacher Development. DOI: 10.1080/13664530.2016.1207093
Elihami, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan. 2(1). 79-96
Ernawati, M. D. W., Damris, Asrial., & Muhaimin. (2019). Development of Creative Thinking Skill Instruments for Chemistry Student Teachers in Indonesia. Journal of Online and Biomedical Engineering (iJOE). 15(14). 21-35
Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Toleransi:Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Paham Radikal di Sekolah. Proceeding. 561-571
Fujika, A., Anggraeni, E., & Budiarti, R. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma N 5 Kota Jambi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Biodik. 1(1).,1-10
Hardianti, Leli Siti. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 2(1),1-8
Haryanto, Asrial, & Ernawati. (2020). E-Worksheet for Science Processing Skills Using Kvisoft FlipbookInternayional. Journal of Online and Biomedical Engineering (iJOE). 16(03), 46-58
Haryanto, Asrial, Ernawati, M. D. W., Syahri, W., & Sanova. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills And Student Attitudes. International Journal Of Scientific & Technology Research. 8(12). 1073-1079
Hidayat, R, Sarbini, M., & Maulida. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Smk Al-Bana Cilebut Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. 146-157
Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum. 02(2). 179-194
Indrianty, S., Shobikah, N., Ishak, R. P., Savitri, N. A., Skawanti, J. R., Rahmiani, N., ... & Sari, I. K. (2024). Basic English Grammar: Teori, Contoh & Penerapan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Joseph, R. (2011). Brieffing For Members Measuring Sosial Value. Eurodiaconia. 1-7
Jufrida, J., Kurniawan, W., Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Maya, W. A. (2019). Students’ attitude and motivation in mathematical physics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 8(3),501-408.
Kamus, Z. (2015). Validitas Pengembangan Nilai-Nilai Sosial Dalam Materi Fisika Kelas X Sma Pada Bahan Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif. Eksakta. 2(XVI). 26-33.
Kasmar I. F., Amnda, V., Mutathahirin., Maulida, A., Sari, W. W., Putra, S., Anwar, F., Taufan, M., & Engkizar. (2019). The concepts of Mudarris, Mu’allim, Murabbi, Mursyid, Muaddib, in Islmaic Education. Khalifa Journal of Islamic Education, 3 (2), 107-125.
Khaji, K., Yulianingsih, Y., & Ratnasih, T. (2020). Hubungan Perkembangan Nilai Agama dan Moral dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. JAPRA:Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. 3(1). 15-25
Kim, J. (2011). Developing an instrument to measure social presence in distance higher education. British Journal of Educational Technology. 42(5). 763-777. doi:10.1111/j.1467-8535.2010.01107.x
Kurniawan, A., Rizki, S., Suharto, S., Nisak, S. K., & Santosa, T. A. (2023). EFFECTIVENESS OF MIND MAPPING TO INCREASE STUDENT’S SCIENTIFICT LITERACY. International Journal of Teaching and Learning, 1(4), 355-364.
Li, Y., Chen, X., & Kulm, G. (2009). Mathematics teachers’ practices and thinking in lesson plan development: a case of teaching fraction division. ZDM Mathematics Education. 41, 717-731
Liebgrand, W. B. G & McClintock, C. G (1988). The ring measure of social values: a computerized procedure for assessing individual differences in information processing and social value orientation. European Journal of Personality, Vol. 2, 21 7-230
Lubis, M. A. (2015). Effective Implementation of the Integrated Islamic Education. GJAT, 5 (1), 59-68.
Mahmudah, K., Nirwana, I., Amir, H. S., Rustam, U., Nisak, S. K., Umisara, E., ... & Kemala, Z. (2024). Bahasa Inggris Dasar: Teori, Contoh dan Penera
Merizawati, H., Huriati, N., Nisak, S. K., Rachman, A., & Andriani, N. (2023). NEW HORIZONS IN VOCABULARY ACQUISITION: EXPLORING THE ROLE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING APPS. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 853-859.
Miles, M. H., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data Analysis(2nd ed). Sage. Thousand Oaks, CA.
Mutmainah, H. (2018). Upaya Guru PAI dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik di SMA N 1 Bojonegoro. AT-TUHFAH: Jurnal Keislaman, 7(1), 80 - 95.
Mutmainah, H. (2018). Upaya Guru PAI dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik di SMA N 1 Bojonegoro. AT-TUHFAH: Jurnal Keislaman, 7(1), 80 - 95.
Nasari, A. J., & Heidari, M. (2014). The Important Role of Lesson Plan on Educational Achievement of Iranian EFL Teachers' Attitudes. International Journal of Foreign Language Teaching and Research. 2(5),27-34
Nisak, S. K. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Penanggulangan Kenakalan Siswa (Studi Kasus MTs Nurul Ilmi Sabak Barat). Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 7(1), 40-53.
Nisak, S. K., & Muharramah, D. (2024). Word card media improves beginner reading skills: student literacy. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 10(1), 1-8.
Nisak, S. K., Wulandari, T., & Othman, N. (2024). Authentication of Students' Holistic Personality Through Character Education. Zabags International Journal of Education, 2(1), 27-33.
Niyozov, S., & Memon, N. (2011). Islamic education and islamization: Evolution of Themes, Continuities and New Directions. Journal of Muslim Minority Affairs, 31 (1), 5-30.
Nurhidin, Edi. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. KUTTAB. 1(1),1-14
Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 9(1). 227-233
Palmer, J., M., & Waal, E., D. 2011. School Change and Emotional Intelligence. Journal of Social Sciences. DOI: 10.1080/09718923.2011.11892894
Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rismita, R. (2020). The Management Of The Education Operational Grant And Its Effects On School Development. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 328-338.
Salleh, M. S. (2013). Strategizing Islamic Education. International Journal of Education and Research, 1 (6), 1-14.
Salleh. M. S. (2013). Strategizing Islamic Education. International Journal of Education and Research. 1(6). 1-14
Sanusi, H. S. (2013). Peran Guru PAI dalam Pengembangan Nuansa Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Ta’lim). 11(2). 143-152
Satriani Is, S. (2017). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjama’ah. Jurnal Tarbawi. 2(1). 33-42
Sensoy, O., & DiAngelo, R. (2014). Respect Differences? Challenging the Common Guidelines in social justice education. 22 (2).
Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan kewajiban, dan Kompetensi Guru. AULADUNA, 2(2), 221 - 232.
Shah, S. (2006). Educational leadership: an Islamic perspective. British Educational Research Journal, 32(3), 363–385. doi:10.1080/01411920600635403
Sidiq, Mahfud. (2016). Pengaruh intensitas supevisi kepala sekolah terhadap kompetensi pendagogik guru PAI sekolah dasar di kecamatan Batealit kabupaten Jepara Tahun pelajaran 2016/2017. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Siswati, Utomo, C.,B & Muntholib.,A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarahdi SMAPGRI1 PatiTahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6 (1).
Stommel, M., & Wills, C. E. (2004). Clinical Research Concepts and Principles for Advanced practice Nurses. Philadelpia: Lippincott Williams & Wilkins.
Sya’bana, M. V., Nisak, S. K., Suryaningsih, S. S., Rukiyanto, B. A., & Hastuti, R. M. (2024). The Effect of Religious Education on Student Learning Achievement in Elementary Schools. Academy of Education Journal, 15(2), 1440-1448.
Tanjung, Z., Anaswan, A., & Nisak, S. K. (2023). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPRITUAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IRSYAD KELURAHAN KAMPUNG LAUT KECAMATAN KUALA JAMBI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 259-267.
Verdiana,Vera & Tianah, Itanis. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Sosial pada Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Metode Role Playing Vera. ENTITA : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial. 2(1).
Waghid, Y., & Smeyers. P. (2014). Re-envisioning the Future: Democratic Citizenship Education and Islamic Education. Journal of Philosophy of Education. 48(4). 539-558
Wardi, M. (2012). Penerapan Pendidikan Agama Islam Dalam Perubahan Sosial Remaja. Tadris. 7(1). 31-44
Yakin, A. A. (2015). Eksistensi Nilai Sosial Ada’ Tuo Di Desa Batangurukecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa. Jurnal Pepatuzdu. 10(1). 1-16
Yuhana, A.N, & Aminy, F, A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 7(1). 79-96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sayida Khoiratun Nisak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.