PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONALISME GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY PADA SD NEGERI 04 MURYOLOBO JEPARA

Authors

  • Sugiman Sugiman
  • Saiful Marom UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.9

Keywords:

Lesson Studi, Perangkat pembelajaran, , sikap profesional

Abstract

Salah satu wujud dalam menjaga tingkat keprofesinalan para pendidik dalam proses pembelajaran adalah menyediakan perangkat pembelajaran yang lengkap serta dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telag dibuat. Dalam melakasanakan proses pembelajaran di SD Negeri 04 Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara masih banyak para pendidik yang belum memiliki kelengkapan perangkat pembelajaran. Diantara 8 pengajar di lingkungan SD Negeri 04 Muryolobo baru ada pendidik sebanyak 3 orang yang memiliki kelengkapan perangkat pembelajaran atau sekitar 37,5 % pendidik yang memiliki kelengkapan perangkat pembelajaran. Dari hasil data yang telah dipaparkan sebelumnya untuk dapat meningkatkan profesionalisme dari pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran dilakukan kegiatan lesson study dengan subyeknya adalah para pendidik di lingkungan SD Negeri 04 Muryolobo Jepara dengan melalui 3 siklus yang ternyata mempunyai dampak banyaknya pendidik yang memiliki perangkat pembelajaran secara lengkap cukup memuaskan. Melalui kegiatan lesson study ini terjadi peningkatan dalam kepemilikan perangkat pembelajaran yakni pada siklus I ada sebanyak 3 pendidik diantara 9 pendidik yang mempunyai perangkat pembelajaran dan selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 5 orang pendidik yang mempunai kelengkapan perangkat pembelajaran dan pada akhirnya siklus III ada sebanyak 7 pendidik diantara 9 pendidik yang mempunyai perangkat pembelajara sehingga pada kegiatan lesson study ini terjadi peningkatan dalam kepemilikan kelengkapan dokumen pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003.Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Depdiknas.

Dwikoranto, 2009. “Meningkatkan Profesionalisme Guru MIPA melalui Lesson Study”. Seminar Nasional pembelajaran matematika di sekolah diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta.

Friedkin, Shelly. 2005. Overview of Lesson Study. Online http://www.leasonresearch.net

Garfield, J. 2006. Exploring The Impact of Lesson Study on Developing Efective Statistics Curiculum. New Zealend : Auckland University.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan :Dasar Teoritik untuk Praktik Profesional. Bandung : Angkasa

Surya, Moh. 1981. Pengantar Strategi Pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung

Suryabrata, Sumadi. 1984. Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta : Rajawali Pers

Walker, J.S. 2005.Journal of Lesson Study.USA :UWEC Math Dept.

Downloads

Published

2023-01-04

Issue

Section

Title