PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN JIGSAW PADA SISWA MTs AL-IHSAN DOGLO KABUPATEN BOYOLALI

Authors

  • Ainayya Salsabila
  • Syaefudin Achmad

DOI:

https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.7

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Role playing, Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela (ananiah, putus asa, ghadab, tamak) Dengan menggunakan Metode Role playing dan Jigsaw Pada siswa Kelas VIII MTs Al-Ihsan Doglo Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek yang diteliti terdiri dari 37 Perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas, dengan menggunakan dua siklus . tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan  pencapaian dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang ditentukan sekolah  yaitu 72 dan ditandai dengan upaya meningkatkan Kriteria ketutasan Klasikal sebesar 85%. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Data hasil penelitian ini menunjukkan nilai prasiklus memperoleh rata-rata 67 dengan 6 siswa tuntas (16,2%) dan 31 siswa belum tuntas (83,8%). Siklus I nilai rata-rata 73,5 dengan 19 siswa tuntas (51,4%) dan 18 siswa belum tuntas (48,6%). Siklus II nilai rata-rata 86,4 dengan 33 siswa tuntas (89,2%) dan 4 siswa belum tuntas (10,8%).

References

Anonim.2003. Undang Undang Republik Indonesia No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Aqib, Z. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arifin, M. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. JakartaRineka Cipta.

Darsono, T. I. 2009. Membangun Akidah dan Akhlak. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pmebelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

dkk, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. . Malang: Literasi Nusantara Abdi.

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali press.

Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, I. H. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Familia.

RI, D. A. 2007. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra.

Suharsimi, A.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukidin. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Sulistyorini, F. d. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: sukses Offset.

Sulistyorini, M. F. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Sukses Offset.

Sutikno, P. F. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

T, A. K. 2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta: Esensi.

Thobaroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran teori dan praktik. jogjakarta: Diva Press.

thobaroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran teori dan praktik. yogyakarta: Ruzz media.

Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

halimah, S. 2008. Strategi Pembelajaran. Medan: CV. Pradana Mulya Sarana.

Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan ke-2. Jakarta: kencana.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta : Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2023-01-03

Issue

Section

Title