PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI JUAL BELI DENGAN METODE BERMAIN PERAN DAN BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS IX A MTS DARUL FALAH PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.6Keywords:
Hasil Belajar, Metode Bermain Peran, BrainstormingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Bermain Peran dan Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi jual beli pada siswa kelas IX A MTs Darul Falah Pringsurat Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A MTs Darul Falah Pringsurat Kabupaten Temanggung yang terdiri dari 30 siswa yaitu 12 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metodoe pengumpulan data berupa tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Anlisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MTs Darul Falah Pringsurat) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dan brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi jual beli pada siswa kelas IX A MTs Darul Falah Pringsurat Kabupaten Temanggung tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra siklus sebelum menerapkan metode bermain peran dan brainstorming hanya 14 siswa atau (46,7%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan yang belum tuntas sebanyak 16 siswa (53,3%). Selanjutnya pada siklus I terdapat 23 (76%) siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 9 siswa (24%) belum memenuhi KKM. Pada siklus II ada 28 siswa (93%) yang memenuhi KKM dan 2 siswa (7%) yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 85%.
References
Aida, Nurul, and Rr. Amanda Pasca Rini. 2015. “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 4(1). doi: 10.30996/persona.v4i1.494.
Amin, Diyah. 2017. “Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa.” Jurnal Pendidikan Sejarah 5(2):1. doi: 10.21009/jps.052.01.
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yarma Widya.
Arikunto, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fitrah & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian. Sukabumi: CV Jejak.
Fitrianingtyas, Anggraini, and Alvira Hoesein Radia. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas Iv SDN Gedanganak 02.” Mitra Peeendidikan 1(6):708–20.
Hamim. 2017. Fathal Qorib. Kediri: SANTRI SALAF Press.
Haryati, Sri. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Magelang: Graha Cendekia.
Hidayat, Endang. 2015. Fiqih Jual Beli. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karim, Abdul. 2017. “Penerapan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran IPS Untu Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII Di SMPN 4 RUMBI JAYA.” Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR 5(1).
Mirdanda, Arsyi. 2019. Mengelola Aktivitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kalimantan Barat: PGRI Provinsi Kalbar.
Muallimin & Cahyadi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Teori Dan Praktik. Jakarta: Ganding Pustaka.
Muh Yamin. 2015. Teori Dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.
Munib, Kafa Bihi. 2019. “HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DIMTS AL-ISLAM GUNUNGPATI.” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 7(2). doi: 10.31942/pgrs.v7i2.3097.
Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Rahmad. 2019. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bening Pustaka.
Ramayulis. 2014. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rasjid, Sulaiman. 2019. FIQIH ISLAM. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Santoso, Hermawan Budi, and Subagyo Subagyo. 2017. “PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN TUNE UP MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI DI SMK INSAN CENDEKIA TURI SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016.” TAMAN VOKASI 5(1):40. doi: 10.30738/jtvok.v5i1.1428.
Sanusi. 2015. “Pembelajaran Fiqih Perspektif Kesehatan Reproduksi.” Penelitian Pendidikan Islam 10(2).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. 2nd ed. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudiarti, Sri. 2018. Fiqh Muamalah Kontemporer. Medan: FEBI UIN-SU Press.
Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Syarifudin, Amir. 2008. Ushul Fiqih. Jakarta. Kencana.
Thaib, Eva Nauli. 2013. “HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA XIII:384–99.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Ganding Puustaka.
Winarno. 2013. Metodologi Pendidikan Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM PRESS.
Yanto, Ari. 2015. “METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS.” Jurnal Cakrawala Pendas 1(1). doi: 10.31949/jcp.v1i1.345.
Yatimah, Durotul. 2017. Landasan Pendidikan. Jakarta: CV Alumgadan Mandiri.
Zaman, Badrus. 2020. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sukoharjo: CV Oase Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.