PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D DI SMP N 1 YOGYAKARTA

Authors

  • Eldion Setiawan
  • Cyrenia Novella Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i2.59

Keywords:

hasil belajar, problem based learning, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Yogyakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Yogyakarta menyatakan ketuntasan belajar untuk (a) individu : jika siswa mendapat nilai 75, (b) klasikal: jika 75% siswa mendapat nilai 75. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 74,6 dan 79,2 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 68,75% dan 81,25%.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ade, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud. Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sitiatava Rizema. 2012. Desain Belajar Mengajar Kreaktif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press. Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syamsidah. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan

Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Trygu. 2021. Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Gunungsitoli: Guepedia.

Downloads

Published

2023-10-08

Issue

Section

Title