PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SUBTEMA PANAS DAN PERPINDAHAANNYA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS V DI MI TAMRINUL ULUM JETIS

Authors

  • Vani Dwi Rizqi UIN Salatiga
  • Mei Prabowo UIN Salatiga

Keywords:

Hasil Pembelajaran Sains, Contextual Teaching and Learning

Abstract

Berdasarkan hasil survei pembelajaran IPA di MI Tamrinul Ulum Jets, terungkap bahwa masih banyak siswa yang kurang memahami materi dan tidak mencapai KKM. Hal ini berkaitan dengan permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini: Apakah model pembelajaran Contextual Teaching an Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan kalor dan perpindahannya pada siswa kelas V MI Tamrinul Ulum Jetis tahun pelajaran 2022-2023? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Melalui teknik pengumpulan data yaitu tes hasil belajar, dokumentasi dan observasi berdasarkan penelitian diperoleh informasi sebagai berikut: Hasil ketuntasan belajar pada prasiklus sebesar 23% (3 siswa), kemudian 69% (9 siswa), setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pada siklus II, nilai ketuntasan siswa mencapai 90% (12 siswa).

References

Ahdar Djamaludin, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV.KAAFFAH LEARNING CENTER.

Haryanto. (2022). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan two stay two stray. Lombok: Yayasan insan cendekia Indonesia raya.

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL. Logaritma, 61.

Hisbullah, Nurhayati. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Penerbit Aksara Timur.

Julhadi. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik. Tasik Malaya: Edu Publisher.

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu, 24

Kosilah & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1142.

Kosilah dan Septian. (2020J). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe ASSURE Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1142.

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil belajar Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 195

Munirah. (2016). Petunjuk Al Quran Tentang Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 44.

Slamet. (2003). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.

Sukarman. (2022). Group Investigation Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Susapti, P. (2022). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran IPA dan Pemecahan Masalah Bagi Guru Kelas IV MI Se-Kota Salatiga. 5.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Title