PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKPD MATERI RELASI DAN FUNGSI

Authors

  • Alif Rizky Baihaqy MTs N 5 Boyolali
  • Enika Wulandari UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.3

Keywords:

Contextual Teaching and Learning; Lembar Kerja Peserta Didik; Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik pada siswa kelas VIII F MTs Negeri 5 Boyolali tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri 5 Boyolali yang berjumlah 33 siswa dengan rincian 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan lembar kerja peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F MTs Negeri 5 Boyolali materi relasi dan fungsi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa dari 33 siswa atau 61% dari 100% dengan rata-rata 78,0. Sementara pada siklus II terdapat sebanyak 29 siswa atau 88% yang tuntas dari KKM dan 4 siswa atau 12% yang tidak tuntas dari KKM dengan nilai rata-rata siswa 85,3. Berdasarkan hasil tersebut, maka siklus dapat diberhentikan karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu  85%.

References

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S, Suhardjono & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinerka Cipta.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmi, Fahmi Nur Intan. 2021. Deskripsi Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMPN 33 Makassar Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Baharudin & Esa, NW. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdikbud. 2002. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hudoyo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang.

IAIN Salatiga. 2017. Pedoman Penyusunan Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.

Izzati, I. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skipsi Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga.

Jaihan. 2008. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Johnson, E.B. 2010. CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Kemendikbud. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kesuma, Dharma. dkk. 2010. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Rahayasa Research & Training.

Marsigit. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Matematika SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Novelia, Rika, Dewi Rahimah, & M. Fachruddin. 2017. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VIII 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1(1), 22.

Nur, Mohamad 2005. Pembelajaraan Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, N. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rizqia, Ikfi. 2020. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga.

Rusman. 2010. Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesia”. Bandung Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. 2014. Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project-Based Learning.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Warso, AWDD. 2017. Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Ketrampilan di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Wulandari, Enika. 2021. Model dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Teori dan Implementasi. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.

Downloads

Published

2023-01-02

Issue

Section

Title