Analisis Pelaksanaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pengaruhnya pada Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas

Authors

  • Ahmad Khoirul Amin Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Harini Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59698/kognisi.v2i1.244

Keywords:

projek penguatan profil Pancasila, alokasi waktu, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA N 1 N Ngemplak Boyolali dan pengaruhnya pada pelaksanaan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem alokasi waktu yang digunakan sekolah untuk kegiatan P5, kondisi pembelajaran di kelas, kendala, dan solusi yang diterapkan oleh guru dan siswa setelah hadirnya kegiatan P5 di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem alokasi waktu kegiatan P5 yang digunakan adalah sistem satu periode waktu dengan durasi 1-2 minggu penuh. Sebagian besar kondisi pembelajaran di kelas menggunakan bentuk model, media, dan evaluasi pembelajaran interaktif yang diselingi penyisipan nilai-nilai profil pelajar Pancasila untuk mendukung tujuan pengembangan karakter dalam kegiatan P5. Kendala yang dialami guru adalah pemilihan alokasi waktu kegiatan P5 berbarengan dengan agenda akademik lain dan siswa sulit fokus dalam pembelajaran setelah mengikuti kegiatan P5. Kendala yang dialami siswa adalah guru mempercepat proses penyampaian materi ajar setelah kegiatan P5 selesai dan durasi kegiatan P5 yang terlalu lama membuat siswa lupa terhadap materi yang telah dipelajarinya. Solusi yang diterapkan oleh guru adalah meminta pihak sekolah untuk mengubah alokasi waktu kegiatan P5 dengan alokasi waktu yang tepat dan memulai pembelajaran dengan sesi sharing cerita serta memberi nasehat kepada siswa pada minggu-minggu awal setelah kegiatan P5 selesai. Adapun solusi yang diterapkan oleh siswa adalah membuat rangkuman semua materi ajar yang telah disampaikan oleh guru dan mencari informasi tambahan untuk materi yang belum dipahami melalui internet.

References

Anggraena, Y., Susanti, S., Rizki, M., Itje, C., et al. (2020). Kajian pengembangan profil pelajar pancasila: edisi 1. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Anggraena, Y., Dion, G., Nisa, F., Ardanti, A., et al. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Asyhar, R. L. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Kota Semarang. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan VIII, November, 829–836.

Bistari, Bistari. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 1. 13. 10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082.

Dafitri, R. S., Hasrul, H., Rafni, A., & Bakhtiar, Y. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(2), 175–184.

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Karmelita, L. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui penguatan pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, Volume 10 Proceedings of Seminar Kebangkitan Nasional dan Call for Paper. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. DOI: 10.30595/pssh.v10i.674

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 009/H/K/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 262/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Khadijah. (2016). belajar dan pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Lita, S. & Irfan, M. Z. 2021. Pendidikan nilai dan karakter: Seri pendidikan. Yogyakarta: Nusa Media.

Mahmud, S. & Muhammad I. (2017). Strategi belajar-mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Mulyasa, H.E. (2019). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Septiani, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435. https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.14211

Satria, R., Pia, A., Kandi, S. W., Tracey, Y. H. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukatin & Shoffa, S. A. 2020. Pendidikan karakter. Yogyakarta: Deepublish.

Sutikno, M. S. (2019) Model-model pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suryaningsih, M. R., Desstya A. (2023). Implementasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 9(1). 12-26. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10961

Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan indikator pembelajaran interaktif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2) 13-19. https://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197

Zalukhu, B., Ulung N., Yohanes Z., & Nente S. H. (2023). Pengaruh proyek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap pembentukan karakter dan moral siswa di Sekolah Menengah Pertama. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3 (6). 2102-2115. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6394

Downloads

Published

2024-08-26

Issue

Section

Title