PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.2Keywords:
Hasil Belajar; Missouri Mathematics Project (MMP)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan dengan menerapkan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VII C SMP Al Mas’udiyyah Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksakan sebanyak dua siklus dengan subjek yang diteliti terdiri dari 36 siswa laki-laki. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan pencapaian nilai siswa dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 70 dan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya sebesar 85%. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh peningkatan hasil belajar pada siklus I terdapat 24 siswa atau 66,66% siswa telah tuntas, 12 siswa atau 33,33% siswa belum tuntas, dan nilai rata-rata 66,44. Pada siklus II terdapat 31 siswa atau 86,11% siswa telah tuntas, 5 siswa atau 13,88% siswa belum tuntas, dan nilai rata-rata 75,66. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil dengan menerapkan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VII C SMP Al Mas’udiyyah Bandungan kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022.
References
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: CV Penerbit J- ART.
Fauziah, A., & Sukasno. (2015). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA N 1 Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(1).
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Komalasari, K. (2010). Pelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.
Paizzaludin, & Enalinda. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Slassroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pernada Media.
Sudjana, N. (1991). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar.
Sugiono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D . Bandung: Alfabeta.
Suherman, E., & dkk. (2001). Evaluasi pembelajaran Matematika. Bandung: JICA-Universitas pendidikan Indonesia.
UNY, F. (2016). Meningkatkan Daya Saing Global Melalui Matematika dan Pendidikan Matematika. Seminar Nasional Matematika dan pendidikan Matematika. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogykarta.
Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.
Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widdiharto, R. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Dirjen Dikdasmenn PPPG Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.