PENERAPAN ETNOBOTANI PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR DI MI MA’ARIF ROWOBONI

Authors

  • Nava’ Annisa
  • Rini Verary Shanthi Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i2.122

Abstract

Penerapan etnobotani pada pembelajaran di sekolah terdukung dengan tersedianya  lingkungan yang memiliki beragam jenis tumbuhan. Etnobotani mengkaitkan interaksi antara manusia dengan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi bagian dan fungsi tumbuhan dengan penerapan etnobotani menggunakan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) di MI Ma’arif Rowoboni. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus.  Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Rowoboni tahun ajaran 2022-2023. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etnobotani menggunakan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian dan fungsi tumbuhan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra siklus sebelum menerapkan entobotani menggunakan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) hanya 33% siswa yang tuntas. Selanjutnya pada siklus I terdapat 58% siswa yang tuntas. Kemudian, pada siklus II terdapat 83% siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80% dengan nilai 70 (KKM). Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan berupa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesuai tujuan.

References

Andriani, T. (2019). Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Kluet Timur Aceh Selatan Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 67-85.

Apriani, D. T. (2023). Studi Etnobotani Pada Ritual Adat Masyarakat Suku Karo di Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo Sumatera Utara. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajaranya, 5(1), 1-16.

Fauziatul Azma, I. Z., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2023). Perilaku Adaptasi Kedisiplinan Anak Terhadap Gaya Belajar Pasca Pandemi SD Negeri Cengkalsewu 01. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 297-310.

Herlina Widyastuti. 2020. Perancangan Buku Bergambar Sebagai Media Pengenalan Tumbuhan Bagi Anak. Arty: Jurnal Seni Rupa A 9 (3); Hal. 239-252

Insan Wijaya. Oktarina. 2016. Sumbangan Ilmu Etnobotani Dalam Memfasilitasi Hubungan Manusia Dengan Tumbuhan Dan Lingkungannya. Jurnal-Jurnal Ilmu Pertanian Nolume 16 Nomor 2; Hal. 61-69

Irene, Gunanto, Wini Kristianti, Dhesy Adhalia. BUPENA Buku Penilaian Tema Indahnya Kebersamaan, Tema Selalu Berhemat Energi, dan Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Jakarta: Erlangga. 2016.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Mubit, R. (2016). Peran Agama Dalam Multikulturalisme Masyarakat Indonesia. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11 (1), 163–184.

Nugraheni, Sinta. Peduli Terhadap Makhluk Hidup Seri Pembelajaran Tematik. Sukoharjo: CV Hasan Pratama. 2020.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168-175.

Rizki Nisfi Ramdhini, Adelya Irawan Manalu, Ismi Puji Ruwaida, Dkk. 2021. Anatomi Tumbuhan. Kota Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rohim, M., & Afendi, A. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SDN 010 Bontang Selatan dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui Kegiatan Workshop Tahun Ajaran 2021-2022.

Sari, I. P., & Kartijono, N. E. (2012). Pemanfaatan Kebun sebagai Sumber Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Journal of Biology Education, 1(2).

Subekti, S., Sasmito, A., Lestari, S. P., Agustin, N. C., & Nizar, F. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Menjadi Kompos Untuk Pupuk Tanaman Obat Di Desa Bandungrejo Mranggen Demak. Merdeka Indonesia Jurnal International, 3(1), 1-8.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Syafitri, F. R., Sitawati, S., & Setyobudi, L. (2014). Kajian etnobotani masyarakat desa berdasarkann kebutuhan hidup (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Trianto, V., Mujiwati, E. S., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan Media Poster untuk Materi Sumber dan Bentuk Energi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1559-1564.

Ulvah, R. (2018). Pengaruh metode jelajah alam sekitar (jas) berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik materi spermatophyta kelas vii MTs Darul Amin Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Wijaya, F. A. (2023). Kajian Etnobotani Tanaman Hanjuang (Cordyline fruticosa) pada Wawatjan Babad Sumedang. KLOROFIL: Jurnal Ilmu Biologi dan Terapan, 7(1), 34-41.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Title