Implementasi Kegiatan Eksplorasi Sains Fisik pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Aspek Kemampuan Menyimak di Kelompok Bermain Semai Senenan
DOI:
https://doi.org/10.59698/vilvatikta.v1i2.57Keywords:
strategi guru, menyimak, eksplorasi sains fisikAbstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu anak berkebutuhan khusus di kelas B di KB Semai Senenan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam aspek kemampuan menyimak pada anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan eksplorasi sains fisik di kelompok bermain semai senenan dalam proses pelaksanaan kegiatannya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Perkembangan menyimak anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan eksplorasi sains fisik sudah berkembang sesuai harapan dan berjalan dengan efektif, selain perkembangan bahasa, aspek perkembangan lain juga dapat dikembangkan melalui eksplorasi sains fisik yaitu aspek perkembangan kognitif, aspek perkembangan seni dan perkembangan motorik. Faktor pendukung dari implementasi kegiatan eksplorasi sains fisik pada anak berkebutuhan khusus dalam aspek kemampuan menyimak di kelompok bermain semai senenan yaitu keahlian guru dalam mengajar, dukungan dari orang tua siswa dan lingkungan yang mendukung. Faktor penghambat yaitu tidak adanya guru spesialis anak berkebutuhan khusus, kekurangan media, konsentrasi anak yang kurang fokus, kurangnya pemahaman bahasa guru kepada anak berkebutuhan khusus.
References
Abdul Majid.2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosadakarya.
Abdullah, N. 2013. Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.
Aisah. 2019. Upaya Aspek Minta Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas li Sdn Unggulan Melalui Metode Full Inclusion. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan,6, 1-9.
Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27-33.
Amantika, D., Aziz, A., & Travelancya, T. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Aspek Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4526-4532.
Anggraini, V. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44.
Anik Lestariningrum, Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. (Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara, 2017), hal. 13.
Radja, P. L., Lelo, K., & Tari, E. (2023). PENGARUH POLA BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 57-69.
Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R & Laili, R. N. (2022). Strategi pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.
Dermawan, O. 2013. Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897. Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus.
Fauzi, A. N., & Nursikin, M. (2023). POTRET PENDIDIKAN NILAI DILEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(4), 315-329.
Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay pada Anak. Jurnal al-Shifa Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 102-110.
Gumilang, Galang Surya. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(20). 144-159. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php?fokus/article/view/218/155.
Sabilla, D. A., Ashar, H., & Nursikin, M. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DAN JOHN DEWEY SEBAGAI LANDASAN PELAKSANAAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 632-643.
Hargio Santoso. 2012. Cara memahami dan mendidik anak berkebutuhan khusus. Penerbit Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012: Deskripsi fisik, hlm: 20 cm; ISBN, 978-602-9018-62-2.
Humphries, T., Kushalnagar, P., Mathur, G., Napoli, D. J., Padden, C., & Rathmann, C.2014. Ensuring language acquisition for deaf children: What linguists can do. Language, 90(2), e31-e52.
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. 2020. Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. Metabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1).
Hertanto, E. R. 2020. Strategi Ekspositori Guru Dalam Aspek Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Manba’ul ‘Ulum Rejotangan Tulungagung.
Hasbi, M., & Wulandari, R. (2020). Bermain sains.
Heldanita, H. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53-64.
Herdayanti, H. F. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Adhd Di Mi Se-Kecamatan Banjarmasin Timur.
Idris, Meity H. 2014. Peran Guru Dalam Mengelola Keberbakatan Anak. Jakarta Luxima Metro Media.
Kuntarto, E., & Kusmana, A. 2020. Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jurmal, 1(2), 89-97.
Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Penerbit Lutfi Gilang.
Munar, A., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155-164.
Noval Fuadi, 2021. Pengembangan Kemampuan Anak Usia 5- 6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Plastisin Di TKN Pembina Syamtalira Bayu. ITQAN: Jurnal Ilmu Ilmu Kependidikan.
Rima, R., & Anriani, N. (2023). Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi Calon Guru Bahasa Inggris. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 622-631.
Rohani, S., & Kusumawati, E. R. (2023). KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VI DALAM MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN ALAT PRAKTIKUM IPA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 168-174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shella Octaviya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.