Stimulasi Nilai-Nilai Budaya Bahasa Jawa Melalui Program Javanes Day di TK Pertiwi Sowan Kidul Kabupaten Jepara
DOI:
https://doi.org/10.59698/vilvatikta.v1i2.28Keywords:
stimulasi, nilai-nilai budaya, bahasa jawaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi nilai-nilai budaya bahasa jawa melalui program javanes day usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Sowan Kidul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi data dan sumber. Informan pada penelitian ini meliputi guru dan siswa selaku pelaksana program javanes day. Hasil penelitian ini adalah stimulasi nilai-nilai bahasa jawa dapat menumbuhkan sikap sopan santun dan karakteristik yang baik pada diri anak.
References
Ali, U., Tari, E., Lao, H. A., & Koroh, L. I. (2023). THE EFFECT OF PRINCIPAL SUPERVISION AND BURNOUT ON TEACHER WORK ETHICS AT RITA KAKA PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(4), 399-413.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: PT Jejak.
Hidayah, N., Sulastini, R., & Handayani, S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Program Keunggulan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 9-15.
Khosi’in, M., & Nursikin, M. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DI SEKOLAH, STUDI KASUS GENERASI MILENIAL. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(4), 279-295.
Laili, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Matematika. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(2), 98-103.
Melani Maya. 2019. Bahasa Cerminan Budaya (Bahasa Jawa). Prosiding Seminar Nasional.
Prayitno, N. H., & Nursikin, M. (2023). ISLAM WASATHIYYAH SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 685-692.
Rosyid, Moh. 2014. Urgensi Penelitian Bahasa di Tengah Punahnya Bahasa Lokal. Jurnal Arabia, 6(2), 56
Ryan, P & Endang, D. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Profinsi Riau. Jurnal Humanika, 23(1), 61
Santoso, A. Z. S., Fatimah, S. D., & Inayati, N. L. (2023). INOVASI TES OBYEKTIF PADA EVALUASI BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA MATA PELAJARAN PAI. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 707-718.
Saputra Aidil. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(2), 134.
Suratmi, Nanik. 2016. MULTICULTURAL: Karya Pelestarian Kearifan Lokal “Kesenian Barongsai-Lion”. Malang. PT Media Nusa Creative.
Yudhana. 2019. Pengaruh Stimulasi Musik Klasik Terhadap Perkembangan Kognitif (Aspek Bahasa) Pada Usia Anak Prasekolah (3 Sampai 5 Tahun) Di Play Group Dan Bina Insani Kediri. Skripsi. Surakarta. Universitas Negeri Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ika Puji Astuti, Dwiana Asih Wiranti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.