Integrasi Budaya Lokal pada Asesmen Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Exam Browser
DOI:
https://doi.org/10.59698/vilvatikta.v2i1.254Keywords:
integrasi budaya lokal, asesmen pendidikan agama islam, era digital, model addie, kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini mengkaji urgensi integrasi budaya lokal pada asesmen mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis budaya lokal dan pentingnya adaptasi asesmen di era perkembangan teknologi. Pendekatan kualitatif dengan penyajian deskriptif analitis. Tujuan penelitian adalah untuk menggali faktor-faktor yang melatarbelakangi, langkah-langkah strategis yang dilakukan, serta realisasi integrasi budaya lokal pada asesmen mata pelajaran PAI berbasis Exam Browser di MTs Minsyaul Wathon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor signifikan yang mendorong integrasi budaya lokal dalam asesmen PAI berbasis aplikasi Exam Browser. Guru PAI, dengan dukungan penuh dari para stakeholder, telah melaksanakan langkah-langkah integrasi yang identik dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Realisasi dari integrasi tersebut terlihat dalam bentuk-bentuk soal asesmen di masing-masing jenjang kelas, dengan karakteristik soal yang bervariasi sesuai dengan independensi mata pelajaran PAI. Penelitian ini berkontribusi bagi studi di bidang PAI, khususnya dalam konteks asesmen di era digital yang mengkolaborasikan integrasi budaya lokal sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka.
References
Akbar, J. S. (2023). LANDASAN PENDIDIKAN: Teori dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 dan Society 5.0 di Indonesia. Jambi: PT Sonpedia Publishing.
Blanchard, D. L. (2023). The Legacy of Vygotsky: Reexamining Social Constructivism in Modern Education. Educational Theory, 73(1), 45-62.
Cuban, L. (2001). Oversold and Underused: Computers in the Classroom. Harvard University Press.
Damayanti, A. M., Daryono, & Rayanto, Y. H. (2023). Evaluasi Pembelajaran. Pasuruan: CV Basya Media Utama.
Green, R. T., & Lewis, E. H. (2024). Integrating Cultural and Religious Perspectives in Educational Assessment. Journal of Religious Education, 42(4), 289-304.
Herlindawati. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal di SMPN 4 Takalar Kabupaten Takalar. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1.
Jiang, L., & Liu, S. (2019). The ADDIE Model in Practice: A Comprehensive Guide. Routledge.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1994). Cooperative Learning and the Theory of Contextual Learning. Journal of Education, 176(2), 77-88.
Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2011). Systems Analysis and Design. Pearson Education.
Lo, A. (2016). Green IT and Sustainable Computing: Practices and Theory. CRC Press.
Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review,, 50(4).
Muflihin, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Fikri Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 22.
Mustafida, F. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural di MIN I Kota Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
P, D. Z., C, E. U., & Kamal, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. JIE: Journal of Islamic Education, Vol. 9 Nomor 1(Januari-Juli 2023), 43-63.
Parker, J. M., & Miller, C. C. (2023). Culturally Responsive Pedagogy: Incorporating Local Knowledge in Education. Journal of Curriculum Studies,, 55(2), 207-223.
Pina, A. A., & Davis, C. A. ( 2019). Contextual Learning in K-12 Education: A Primer for Teachers. Routledge.
Rios, S. R., & Johnson, M. D. (2024). Authentic Assessment Practices in Digital Learning Environments. Assessment & Evaluation in Higher Education, 49(3), 345-360.
Roth, W. M., & Lee, Y. J. (2022). Cultural and Religious Identity Integration: Theory and Practice. Springer.
Samsudin, M. A., Samsudi, W., Mahmudi, & Hasanah. (2023). Strategi Guru dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(2), 200.
Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2021). Motivation and Social Cognitive Theory. Contemporary Educational Psychology, 61.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Pearson.
Statistik, B. P. (2021). Statistik Sosial Budaya 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Tanjung, J. S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Penelitian Sosial dan Humaniora. Andi Publisher.
Thompson, L. M., & Wilson, K. J. (2023). Technology and Cultural Relevance: Enhancing Educational Experiences Through Digital Tools. Journal of Cultural Studies in Education, 37(4), 310-325.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wang, D. M. (2020). Security and Integrity in Online Exams: A Study of Exam Browser Technologies. Computers & Education, 145.
Wang, Y., & Zhang, L. (2020). Adaptive Learning Technologies and Student Needs: A Review of Recent Developments. Educational Technology Research and Development, 68(3), 1477-1497.
AH. (2024, April 11). Integrasi budaya lokal dalam asesmen PAI berbasis Exam Browser di MTs Minsyaul Wathon [Wawancara].
AN. (2024, April 11). Integrasi budaya lokal dalam asesmen berbasis Exam Browser PAI di MTs Minsyaul Wathon [Wawancara].
AS. (2024, April 11). Integrasi budaya lokal dalam asesmen PAI di MTs berbasis Exam Browser Minsyaul Wathon [Wawancara].
NS. (2024, April 12). Integrasi budaya lokal dalam asesmen PAI berbasis Exam Browser di MTs Minsyaul Wathon [Wawancara].
Peneliti. (2024, April 11-15). Integrasi budaya lokal dalam asesmen PAI berbasis Exam Browser MTs Minsyaul Wathon [Observasi].
Tim Panitia Ujian MTs Minsyaul Wathon. (2024). Soal-Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) [Data arsip]. MTs Minsyaul Wathon, Grogolan, Dukuhseti, Pati.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusaibah, Aziizatul Khusniyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.