PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAKON PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan pembagian siswa kelas IV di SDN Kartasura 04. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan materi pembagian siswa melalui permainan dakon pada kelas IV SDN Kartasura 04, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kartasura 04 Kabupaten Sukoharjo pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2023. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal evaluasi berupa soal cerita pada materi operasi hitung pembagian bersusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan dakon dapat meningkatkan keterampilan materi pembagian. Nilai rata-rata hasil evaluasi siswa pada prasiklus sebesar 63,18 menjadi 75,00 pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 79,55 pada siklus kedua. Siswa yang mampu mencapai KKM pada prasiklus sebesar 55% meningkat menjadi 73% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 77% pada siklus kedua. Penerapan permainan Dakon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kartasura 04 Kabupaten Sukoharjo.