EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PPT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI NILAI MATA UANG SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BUNTALAN

Main Article Content

Sheila Maharani
Ruslinawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media PowerPoint (PPT) interaktif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Buntalan. Data motivasi belajar diukur melalui angket yang mencakup berbagai aspek motivasi belajar siswa, sedangkan hasil belajar diukur melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dengan media PPT interaktif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 54,3, yang meningkat menjadi 76 pada siklus I, dan mencapai 89 pada siklus II. Selain itu, tingkat ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Data awal hanya menunjukkan 6,6% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, tetapi pada siklus I, angka tersebut meningkat menjadi 73,3%, dan pada siklus II, seluruh siswa berhasil mencapai tingkat ketuntasan belajar yang maksimal, yaitu 100%. Peningkatan motivasi belajar pada siswa meningkat sangat signifikan, dilihat dari akumulasi hasil data awal sebesar 58,8% dan hasil data akhir sebesar 91%.Hasil ini mencerminkan perubahan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa selama pelaksanaan penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tertentu dapat berkontribusi pada peningkatan motivasi belajar siswa dalam berbagai aspek. Hasil ini memiliki implikasi penting dalam merancang pembelajaran yang dapat memotivasi siswa secara holistik dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hasil ini memberikan dorongan penting untuk melanjutkan penerapan model pembelajaran ini dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi siswa di masa depan.

Article Details

Section
Articles