PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan mind mapping berbasis aplikasi Canva pada siswa kelas VI SDN Tengaran Kab. Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024, pada bulan September. Siswa kelas VI SDN Tengaran yang berjumlah 32 siswa menjadi subjek penelitian. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 34,37%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 25%. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 59,37%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran mind mapping berbasis Canva pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri khusus makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Tengaran.