SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW PEMBELAJARAN STEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C DI SD/MI PADA MASA PANDEMI (2019-2021)

Main Article Content

Khoirin Nida
Ulya Fawaida

Abstract

Dunia pendidikan selain mengembangkan ilmu pengetahuan juga mengembangkan keterampilan abad 21 yaitu keterampilan 4C (collaboration, communication, critical thinking and problem solving, cerativity and innovation). STEM merupakan pendekatan yang tepat untuk diterapkan. Yakni dengan melibatkan peran peserta didik dan pendidik sebagai fasilitator dalam KBM yang membantu perkembangan peserta didik agar lebih aktif dan kreatif. Namun dunia pendidikan mengalami transformasi secara signifikan akibat adanya pandemi Covid-19. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan penerapan STEM dalam meningkatkan keterampilan 4C di SD/MI pada masa pandemi melalui metode systematic literature review. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 18 artikel terkait topik tersebut dari database Garuda dan ScienceDirect. Hasil studi penelitian menunjukkan bahwa STEM dapat meningkatkan keterampilan 4C yang dibutuhkan pada pendidikan abad 21. Semua keterampilan 4C sangat penting di era teknologi dan informasi seperti sekarang dan mempersiapkan individu yang kreatif dan inovatif pada lingkungan kerja di masa depan. Pembelajaran dengan pendekatan STEM menjadi alternatif bagi pendidik dalam mengembangan kemampuan siswa dalam berfikir kritis, kreativitas, kolaborasi antar siswa dan komunikasi melalui proses pembelajaran yang dikemas dengan baik dan terintegrasi STEM. Meskipun kegiatan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka di sekolah tetapi di rumah masing-masing tidak menutup diri bahwa STEM masih bisa digunakan pendidik dalam mengajarkan materi kepada peserta didik dengan tujuan agar keterampilan 4C yang diasah masih bisa terus diupayakan oleh pihak satuan pendidikan.

Article Details

Section
Articles