PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIK TERINTGRASI PROJEK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Wuri Amalia Rahayuningtyas
Suyoto
Muflikhul Khaq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul Matematika berabsis realistik terintegrasi projek pada materi bangun ruang kelas V sekolah dasar, 2) mengetahui kelayakan modul Matematika berbasis realistik terintegrasi projek. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (RnD), model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analyse, design, development, implementation, dan evaluate. Subjek penelitian dan pengembangan yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Wadasmalang Kebumen tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan berupa, 1) instrument lembar observasi, 2) lembar wawancara, 3) validasi produk, dan 4) lembar angket. Analisis data digunakan untuk menganalisis data berupa kevalidan dan kepraktisan produk. Hasil penelitian dan pengembangan modul Matematika berbasis realistik terintegrasi projek adalah: 1) penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul Matematika berbasis realistik terintegrasi projek materi bangunĀ  ruang, 2) hasil penelitian dan pengembangan dari observasi dan wawancara berupa kebutuhan produk berupa modul berbasis realistik terintegrasi projek, sedangkan angket dari aspek kevalidan segi materi dan segi media menghasilkan skor rata-rata 3,88 dengan kriteria sangat valid. Hasil angket segi kepraktisan dari tiga uji coba lapangan adalah 3,86 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kseimpulan bahwa modul Matematika berbasis realistik memenuhi kriteria kelayakan sebuah produk.

Article Details

Section
Articles