PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI IPA KELAS VI MI ALBUSTANUSSANIYAH

Main Article Content

Haris Arrasyid

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian untuk mengetahui 1. Bagaimana pelaksanaan model pembelaharan PBL (Problem Based Learning) digital terhadap kemampuan berpikir kritis materi IPA kelas VI MI Kabupaten Banjar. 2. Bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) digital terhadap kemampuan berpikir kritis materi IPA kelas VI MI Albustanussaniyah Kabupaten Banjar. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Menerapkan desain penelitian Pre Experiment Design, penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan basis digital menggunakan video youtube sebagai sumber belajar, dengan penelitian ”one group design with pre-test and post-test” Populasi pada penelitian adalah semua siswa kelas VI MI Albustanussaniyah berjumlah 18 orang. Sampling yang diterapkan, sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan setelah dilakukan uji normalitas, analisis menggunakan Uji-T Berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran dengan model PBL yaitu siswa tampak bersemangat dalam menjalankan dalam proses pembelajaran model PBL. Berdasarkan Uji-T Berpasangan hasil dari pretest siswa sebesar 52, 77 dengan posttest sebesar 62,22 dengan selisih 9,45 adanya peningkatan, diketahui nilai sig 0,284 > 0,05. Disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran PBL digital terhadap kemampuan berpikir kritis materi IPA kelas VI MI Albustanussaniyah Kabupaten Banjar.

Article Details

Section
Articles