Insersi Moderasi Beragama dalam Bingkai Pendidikan Karakter Disiplin dan Patriotisme pada Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE., Ed.). CV. Syakir Media Press.
Agung, R. M., Septianingsih, S., & Jazimaha, I. (2023). Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 6(2), 229-229. https://doi.org/10.17977/um0330v6i2p229-238
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Ali, Z. Z., & Wulandari, A. (2023). Syuhada A'Lannas: Road map penanaman sikap patriotisme melalui nilai Islam Wasathiyah dalam Al-Qur'an. Moderatio: Moderasi Beragama, 3(1), 92-101.
Anggraeni, I. (2019). Pengertian implementasi dan pendapat ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1696. https://doi.org/9788578110796
Aziz, A., & Anam, K. (2021). Moderasi beragama berlandaskan nilai-nilai Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama RI.
Diyani, T. (2019). Implementasi paradigma Islam Wasathiyah: Strategi menjaga masa depan keindonesiaan. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 6(3).
Fatmawati Putri. (2013). Kesiapsiagaan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 201. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hardani, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
Hasanah, U., & Annisa, A. (2021). Penanaman nilai-nilai Islam Wasathiyah dalam sistem pendidikan pondok pesantren. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 94113. https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i1.2443
Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman nilai karakter religius dalam perspektif pendidikan Islam di lingkungan sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(02), 520521.
Mahmudiyah, A., & Mulyadi, M. (2021). Pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah berbasis pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 5572. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223
Marthasari, L. M., Kurniawan, & Indra, M. (2022). Implementation of discipline character values in grade 4A students at elementary school. Academia Open, 6, 1-11. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2288
Muhammad Dzikron. (2020). Keterampilan Kepanduan Hizbul Wathan. Klaten: Kedai Hizbul Wathan.
Ratmi. (2024). Implementasikan wasathiyah sebagai wacana moderasi agama di Indonesia. Pengembangan Pemikiran Modern Dalam Islam (PPMDI), 12(1), 1005.
Sa'idah, I., Mahmutarom Ekaningrum, M., & Ifada Retno Hernawati, S. (2024). Implementasi wasathiyah melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 334348. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6654
Saiffuddin, S., & Nasir, M. (2020). Cinta tanah air dan nasionalisme perspektif hadits. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur'an, 3(1), 98103. https://doi.org/ttp://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/219
Santoso, G., Khairunnisa, N. A., Nursafa Aulia Adisti, S., & Muhamadiyah, S. (2023). Filsafat konten nasionalisme, patriotisme, dan perjuangan untuk generasi Z bangsa Indonesia. JUPETRA, 02(02), 1-10.
Triana, N. (2022a). Pendidikan karakter. In A. K. & J. Simarmata (Ed.), Mauizhah (Cetakan 1, Vol. 11, Issue 1). Yayasan Kita Menulis. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58
Vanli, P. D., Susanto, M. S., & Henr, J. (2020). Penanaman sikap nasionalisme religius melalui aktivitas kepanduan Hizbul Wathan tahun 1950-1961. Journal of Social Education, 1(1), 4148. https://doi.org/10.23960/jips/v1i1.41-48
Yulfia Nora, Jamaris, & Solfema. (2023). Penanganan permasalahan sosial pada anak dalam pengembangan sosial di sekolah dasar. JURNAL BASICEDU, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Riski Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License