Insersi Moderasi Beragama dalam Bingkai Pendidikan Karakter Disiplin dan Patriotisme pada Sekolah Dasar

Riski Handayani, Mukh. Nursikin

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang implementasi nilai wasathiyah (moderasi) Islam Istiqamah (disiplin) dan Hubb al – Watan (sikap patriotisme) di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga melalui kegiatan Hizbul Wathan. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan nilai wasathiyah Islam tersebut, juga untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang ada. Data dikumpulan melalui teknik triangulasi sumber data berupa observasi lokasi, dokumentasi, dan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, Pembina Hizbul Wathan, dan Peserta didik. Kemudian data dianalisis melalui teknik penyajian data, seleksi data, dan analisis data. Sebagai temuannya adalah bahwa implementasi nilai wasathiyah (moderasi) Islam Istiqamah (disiplin) dan Hubb al – Watan (sikap patriotisme) di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga adalah melalui berbagai macam metode diantaranya adalah metode ceramah, keteladanan, pembiasaan, nasihat, serta metode reward dan punishment. Melalui kegiatan pembiasaan senyum sapa, dan salam, kegiatan apel pagi, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, pembiasaan murajaah juz 30, pembacaan al-asma al-husna setiap pagi, kegiatan salat duha, salat zuhur berjamaah, kajian Jumat, pembiasaan penggunaan produk dalam negeri, pembiasaan berbaris dengan rapi sebelum kegiatan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, melafalkan Pancasila, serta melalui kegiatan Hizbul Wathan yang dilakukan setiap hari Jumat. Adapun faktor pendukung dari keberhasilan implementasi nilai wasathiyyah Islam Istiqamah (disiplin) dan Hubb al-Wathan (sikap patriotisme) adalah fasilitas sekolah yang memadahi, kerjasama yang baik antara guru, orang tua,  masyarakat, dan peserta didik dalam mewujudkan sikap persatuan dan kesatuan, serta dukungan penuh dari sekolah dalam mendukung kegiatan Hizbul Wathan sebagai wadah pembentukan karakter disiplin dan cinta tanah air (patriotisme) pada peserta didik sehingga tertanamlah karakter yang luhur tersebut pada setiap diri peserta didik.

Keywords


Pendidikan Karakter, Disiplin, Patriotisme

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE., Ed.). CV. Syakir Media Press.

Agung, R. M., Septianingsih, S., & Jazimaha, I. (2023). Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 6(2), 229-229. https://doi.org/10.17977/um0330v6i2p229-238

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Ali, Z. Z., & Wulandari, A. (2023). Syuhada A'Lannas: Road map penanaman sikap patriotisme melalui nilai Islam Wasathiyah dalam Al-Qur'an. Moderatio: Moderasi Beragama, 3(1), 92-101.

Anggraeni, I. (2019). Pengertian implementasi dan pendapat ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1696. https://doi.org/9788578110796

Aziz, A., & Anam, K. (2021). Moderasi beragama berlandaskan nilai-nilai Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama RI.

Diyani, T. (2019). Implementasi paradigma Islam Wasathiyah: Strategi menjaga masa depan keindonesiaan. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 6(3).

Fatmawati Putri. (2013). Kesiapsiagaan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 201. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hardani, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).

Hasanah, U., & Annisa, A. (2021). Penanaman nilai-nilai Islam Wasathiyah dalam sistem pendidikan pondok pesantren. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 94113. https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i1.2443

Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman nilai karakter religius dalam perspektif pendidikan Islam di lingkungan sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(02), 520521.

Mahmudiyah, A., & Mulyadi, M. (2021). Pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah berbasis pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 5572. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223

Marthasari, L. M., Kurniawan, & Indra, M. (2022). Implementation of discipline character values in grade 4A students at elementary school. Academia Open, 6, 1-11. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2288

Muhammad Dzikron. (2020). Keterampilan Kepanduan Hizbul Wathan. Klaten: Kedai Hizbul Wathan.

Ratmi. (2024). Implementasikan wasathiyah sebagai wacana moderasi agama di Indonesia. Pengembangan Pemikiran Modern Dalam Islam (PPMDI), 12(1), 1005.

Sa'idah, I., Mahmutarom Ekaningrum, M., & Ifada Retno Hernawati, S. (2024). Implementasi wasathiyah melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 334348. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6654

Saiffuddin, S., & Nasir, M. (2020). Cinta tanah air dan nasionalisme perspektif hadits. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur'an, 3(1), 98103. https://doi.org/ttp://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/219

Santoso, G., Khairunnisa, N. A., Nursafa Aulia Adisti, S., & Muhamadiyah, S. (2023). Filsafat konten nasionalisme, patriotisme, dan perjuangan untuk generasi Z bangsa Indonesia. JUPETRA, 02(02), 1-10.

Triana, N. (2022a). Pendidikan karakter. In A. K. & J. Simarmata (Ed.), Mauizhah (Cetakan 1, Vol. 11, Issue 1). Yayasan Kita Menulis. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58

Vanli, P. D., Susanto, M. S., & Henr, J. (2020). Penanaman sikap nasionalisme religius melalui aktivitas kepanduan Hizbul Wathan tahun 1950-1961. Journal of Social Education, 1(1), 4148. https://doi.org/10.23960/jips/v1i1.41-48

Yulfia Nora, Jamaris, & Solfema. (2023). Penanganan permasalahan sosial pada anak dalam pengembangan sosial di sekolah dasar. JURNAL BASICEDU, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Riski Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License