Penerapan Model PBL Berbasis Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Ikhtiar Imam Very

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah NKRI. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, baik dalam aspek kognitif maupun partisipasi aktif selama pembelajaran. Integrasi PBL dan CRT terbukti menciptakan suasana belajar yang inklusif, kontekstual, dan bermakna, serta mendorong keterlibatan peserta didik secara lebih aktif. Penelitian ini memberikan implikasi penting terhadap pengembangan praktik pembelajaran yang berorientasi pada keberagaman budaya dan keterlibatan aktif peserta didik.

Keywords


Pendidikan Pancasila, CRT, PBL, hasil belajar, budaya lokal

References


Fitriah,L.,Gaol,M.E.L.,Cahyanti,N.R.,Yamalia,N.,Maharani,N.,Iriani,I.T.,& Surayanah,

S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650Jurnal 3

Fitriyani,M.,&Wibawa,B.(2024).Penggunaan media kontekstual

dalam model PBL pada pembelajaran PPKn. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(1), 45–53.

Haniko, P., Mubarok, H., Syamsurijal, S., Pasaribu, W., & Ichsan, I. (2024). Culturally Responsive Teaching: Strategies for Promoting Inclusivity in Diverse Classrooms. Global International Journal of Innovative Research, 2(4), 821–830. https://doi.org/10.59613/global.v2i4.127global-us.mellbaou.com

Khasanah,K.,Subekti,E.E.,&Setyaningsih,A.N.(2025).Penerapan Culturally Responsive Teaching sebagai Pendekatan untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 7(2), 10154–10167. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8021JonEdu

Noviarini, S., Bahtiar, M., &Santoso,H.(2024). Pengaruh pendekatan CRT terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 101–112.

Primadani,R.,Listiani,S.,&Hidayat,T.(2024).Integrasi PBL dan CRT dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan,26(1),55–63.

Rahayu, B. N., Muchlis, M., & Mumpuni,A. W. (2024). The Implementation of Culturally Responsive Teaching to Improve Students’ Learning Out comes and Activity. Journal of Educational Chemistry (JEC), 5(2), 97–106. https://doi.org/10.21580/jec.2023.5.2.16407Jurnal Walisongo+1Jurnal Walisongo+1

Smith,K.,Jones,A.,&Brown,L.(2022).Problem Based Learning in primary education : A strategy for engagement.International Journal of Educational Research,105,100742.

Suroso,N.L.D.H.,Larasati,D.A.,Wulandari,D.A.,& Hermawan,N.S.(2024).Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami MateriTeks Deskriptif di Kelas IV SD.Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(12). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpi/article/view/7886




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ikhtiar Imam Very

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License