Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Belajar yang Ramah Untuk Semua

Sahrul Syawal

Abstract


Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan aksesibel bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Namun, di Indonesia, hanya sekitar 10% anak dengan kebutuhan khusus yang terdaftar di sekolah reguler, mencerminkan ketimpangan akses pendidikan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam implementasi pendidikan inklusif di Indonesia, serta bagaimana semua pemangku kepentingan dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi (studi literatur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pendidikan inklusif meliputi kurangnya pelatihan guru, minimnya fasilitas pendukung, dan stigma sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus. Meskipun demikian, pendidikan inklusif terbukti memberikan manfaat tidak hanya bagi siswa dengan disabilitas, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar bagi seluruh siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif dari pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan akses pendidikan yang berkualitas bagi semua anak.


Keywords


Pendidikan Inklusif; Tantangan Pendidikan inklusif; stigma sosial

Full Text:

PDF

References


Ainscow, M., Dyson, A., & Weiner, S. (2014). From exclusion to inclusion: A review of international literature on ways of responding to students with special education needs in schools. En Clave Pedagógica - Universidad de Huelva, 13, 13–30.

Ainscow, M., & Miles, S. (2009). Developing inclusive education systems : how can we move policies forward ? American Educational Research Journal, September, 1–9. http://www.ibe.unesco.org/fileadmin/user_upload/COPs/News_documents/2009/0807Beirut/DevelopingInclusive_Education_Systems.pdf

Alhaddad, M. R. (2020). Konsep pendidikan multikultural dan pendidikan inklusif. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. https://ejournal.stairu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/57

Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02). https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019

Arriani, F., Agustiawati, Rizki, A., Ranti, W., Wibowo, S., Tulalessy, C., & Herawati, F. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (pp. 26–30). repositori.kemdikbud.go.id. https://repositori.kemdikbud.go.id/24970/1/Panduan_Inklusif.pdf

Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/GW/article/view/465

Booth, T., & Ainscow, M. (2016). The index for inclusion : a guide to school development led by inclusive values: Vol. 4th Editio.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Efendi, M., Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., Ummah, U. S., Ediyanto, E., & Yasin, M. H. M. (2022). Inclusive Education for Student with Special Needs at Indonesian Public Schools. International Journal of Instruction, 15(2), 967–980. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15253a

Fernandes, R. (2018). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 119. https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16

Harfiani, R. (2021). Manajemen Program Pendidikan Inklusif: Studi Analisis Raudhatul Athfal. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ESo_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA25&dq=pendidikan+inklusif&ots=GoyjA7HVn9&sig=-FdkMcItla71cDmoainit41304o

Hornby, G. (2014). Inclusive special education: Evidence-based practices for children with special needs and disabilities. In Inclusive Special Education: Evidence-Based Practices for Children with Special Needs and Disabilities. https://doi.org/10.1007/978-1-4939-1483-8

Hornby, G. (2015). Inclusive special education: Development of a new theory for the education of children with special educational needs and disabilities. British Journal of Special Education, 42(3), 234–256. https://doi.org/10.1111/1467-8578.12101

Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). Implementasi pendidikan inklusif sebagai perubahan paradigma pendidikan di indonesia. In … Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan …. academia.edu.

Juntak, J. N. S., Rynaldi, A., Sukmawati, E., Arafah, M., & Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di Indonesia. In Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah (Vol. 5, Issue 2, pp. 205–214). researchgate.net. https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i2.26904

Jury, M., Laurence, A., Cèbe, S., & Desombre, C. (2023). Teachers’ concerns about inclusive education and the links with teachers’ attitudes. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.1065919

Mukti, H., Arnyana, I. B. P., & Dantes, N. (2023). Analisis Pendidikan Inklusif: Kendala dan Solusi dalam Implementasinya. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 761–777. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.8559

Munauwarah, R., Zahra, A., Supandi, M., Restiany, R. A., & Afrizal, D. (2021). Pendidikan Inklusi Solusi Utama Untuk Anak Penyandang Disabilitas. Yasin, 1(1), 121–133. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.21

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2859

Sahrudin, M., Djafri, N., & Suking, A. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of …. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/2313

Sakti, S. A. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif pada lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Golden Age. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2019

Stadtländer, C. T. K.-H. (2009). Qualitative, Quantitative, and Mixed-Methods Research. Microbe Magazine, 4(11), 485–485. https://doi.org/10.1128/microbe.4.485.1

Subakti, H., Handayani, E. S., Salim, N. A., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Analysis of Students’ Learning Outcomes Attention Deficit Hyperactivity Disorder in Indonesian Learning at Elementary School in Samarinda City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1933–1938. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.978

Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920–928. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.513

unesco. (2017). A Guide for ensuring inclusion and equity in education. In A Guide for ensuring inclusion and equity in education. https://doi.org/10.54675/mhhz2237

Utama, A. H. (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.244

Yunus, V., Zakso, A., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif Pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 313–327. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2270




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 sahrul syawal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License