Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Cuaca untuk Meningkatkan Kesadaran Konservasi Air Siswa MTsN 6 Tulungagung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apsari, F. Y., Rama, M. D, Prasetyo, F. Widya, (2018). Pemanfaatan Teknologi Bagi Generasi Millenial : Konseling Berbasis Teks Menggunakan Riliv-Aplikasi Android 5(1), 45–49.
Arif, R. dan T. (2024). Peran Konservasi Sumberdaya Alam Terhadap Sustainable Development Goals (Sdgs) Air Bersih Dan Sanitasi Layak. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 378–384.
Dahliani, L. (2023). Media pembelajaran pertumbuhan tanaman hidroponik menggunakan demonstrasi dan discovery learning berbasis Aplikasi Canva: Studi Kasus di Era Digital. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.295
Fahrizal Asmy, M., & Rizal, M. (2022). the Transtheoretical Model (Ttm) Dalam Kaunseling Pemulihan Dadah Menurut Perspektif Islam. Al-Takamul Al-Ma’Rifi, 5(2), 26–37. http://devojs.usas.edu.my/altakamul/index.php/altakmulfiles
Faizal, A., Wahyurianto, R., Ali, Z., Fitra, M., Nurcahayani, I., & Rosyadi, M. I. (2022). Pendidikan Seni Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan. Prosiding Konferensi Pendidikan Biologi, 19(1), 107–119.
Ghifari, A., Ningsih, N., Ade, K., Sinnipar, R., & Amin, A. (2023). Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air Untuk Mengendalikan Krisis Air Bersih. Proceedings.Unimal.Ac.Id, 1, 1–9. https://proceedings.unimal.ac.id/senastesia/article/view/300
Gusdini, N., Purwanto, M. J. J., Murtilaksono, K., & Kholil, K. (2016). Kelangkaan air bersih : Telaah sistem pelayanan penyediaan air bersih di Kabupaten Bekasi. Jurnal Sumber Daya Air, 12(2), 175–186. https://doi.org/10.32679/jsda.v12i2.64
Handayani, A. S. (2010). Analisis Daerah Endemik Bencana Akibat Cuaca Ekstrim Di Sumatera Utara. Jurnal Meteorologi Dan Geofisika, 11(1), 52–57. https://doi.org/10.31172/jmg.v11i1.62
Handoyo, E. (n.d.). Penerapan Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa.
Hardianti, S., Sari, R. K., Tanjung, L. S., Firdaus, M., Gustriana, E., Studi, P., Bidan, D. I. V, Kesehatan, F. I., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2023). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa dalam Konservasi Air di Asrama Madrasah Aliyah Darel Hikmah Pekanbaru. 3(2), 91–95.
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Mardina Abdullah. (2016). Pemupukan Kemahiran Abad Ke-21 Melalui Aktiviti Pemantauan Cuaca Angkasa. Penerbit UKM, 361–368.
Moh. Febri Thalani. (2015). Anak Muda Indonesia dan Perubahan Iklim. Friedrich-Naumann-Stiftung Für Die Freiheit, 6.
Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 16–31. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1691
Rejekiningrum, P. (2014). Dampak Perubahan Iklim terhadap Sumberdaya Air: Identifikasi, Simulasi, dan Rencana Aksi. Jurnal Sumberdaya Lahan, 8(1), 1–15. http://go.worldbank.org/0F7PS203T0
Safitri, A., Habibi, H., & Matlubah, H. (2024). Literasi Lingkungan Siswa Smp Di Daerah Kepulauan. Prosiding SNAPP : Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 2(1), 295–307. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3149
Sani Susanti, F. A. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 86–93.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (mixed Methods).
Undang-undang (UU) Nomor 17. (2019). Sumber Daya Air. Pemerintah Pusat, 1–90.
Widjanarko, M., & Marliana, E. (2022). Perilaku ekologis kaum muda dalam pelestarian lingkungan di Pegunungan Muria. Jurnal Ecopsy, 9(1), 50. https://doi.org/10.20527/ecopsy.2022.03.005
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.499
Refbacks
Copyright (c) 2025 Ahmad Fauzan, Izzah Zanu Rusyda, Meyllinda Rizkya Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License