Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Cuaca untuk Meningkatkan Kesadaran Konservasi Air Siswa MTsN 6 Tulungagung

Ahmad Fauzan, Izzah Zanu Rusyda, Meyllinda Rizkya Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran cuaca guna meningkatkan kesadaran konservasi air pada siswa di MTsN 6 Tulungagung. Integrasi teknologi pembelajaran cuaca efektif menjadi sarana menanamkan kesadaran terhadap perubahan cuaca, konservasi air dan lingkungan. Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas VII dan VIII yang dipilih secara acak. Teknologi yang diintegrasikan penggunaan aplikasi cuaca digital, simulasi interaktif, serta penggunaan platform e-learning. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket sebelum dan sesudah implementasi pembelajaran berbasis teknologi cuaca. Hasil penelitian menunjukkan integrasi teknologi dalam pembelajaran cuaca secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep cuaca, serta kesadaran mereka akan pentingnya dalam konservasi air. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan menunjukkan peningkatan dalam kemampuan analisis dan refleksi terhadap isu lingkungan. Kesadaran konservasi air meningkat, terlihat dari perubahan sikap dan perilaku siswa yang peduli terhadap penghematan air di lingkungan sekolah. Hasil kuesioner pra edukasi 23 siswa atau 71 % kategori kadang-kadang dalam mengkonversi air masih rendah, 19 siswa atau 59,38 % kategori sering dalam konservasi air sudah sangat baik. Hasil uji t taraf signifikansi 0,05 t-hitung > t-tabel (5,507 > 1,999) Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti Integrasi teknologi dalam proses pembelajaran cuaca memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kesadaran konservasi air pada siswa MTsN 6 Tulungagung. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan integrasi teknologi dalam pembelajaran cuaca dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran konservasi air pada siswa, dan dapat diadaptasi dalam konteks pendidikan yang lebih luas untuk mendukung pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan.

Keywords


Integrasi, Cuaca, Konservasi Air

Full Text:

PDF

References


Apsari, F. Y., Rama, M. D, Prasetyo, F. Widya, (2018). Pemanfaatan Teknologi Bagi Generasi Millenial : Konseling Berbasis Teks Menggunakan Riliv-Aplikasi Android 5(1), 45–49.

Arif, R. dan T. (2024). Peran Konservasi Sumberdaya Alam Terhadap Sustainable Development Goals (Sdgs) Air Bersih Dan Sanitasi Layak. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 378–384.

Dahliani, L. (2023). Media pembelajaran pertumbuhan tanaman hidroponik menggunakan demonstrasi dan discovery learning berbasis Aplikasi Canva: Studi Kasus di Era Digital. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.295

Fahrizal Asmy, M., & Rizal, M. (2022). the Transtheoretical Model (Ttm) Dalam Kaunseling Pemulihan Dadah Menurut Perspektif Islam. Al-Takamul Al-Ma’Rifi, 5(2), 26–37. http://devojs.usas.edu.my/altakamul/index.php/altakmulfiles

Faizal, A., Wahyurianto, R., Ali, Z., Fitra, M., Nurcahayani, I., & Rosyadi, M. I. (2022). Pendidikan Seni Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan. Prosiding Konferensi Pendidikan Biologi, 19(1), 107–119.

Ghifari, A., Ningsih, N., Ade, K., Sinnipar, R., & Amin, A. (2023). Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air Untuk Mengendalikan Krisis Air Bersih. Proceedings.Unimal.Ac.Id, 1, 1–9. https://proceedings.unimal.ac.id/senastesia/article/view/300

Gusdini, N., Purwanto, M. J. J., Murtilaksono, K., & Kholil, K. (2016). Kelangkaan air bersih : Telaah sistem pelayanan penyediaan air bersih di Kabupaten Bekasi. Jurnal Sumber Daya Air, 12(2), 175–186. https://doi.org/10.32679/jsda.v12i2.64

Handayani, A. S. (2010). Analisis Daerah Endemik Bencana Akibat Cuaca Ekstrim Di Sumatera Utara. Jurnal Meteorologi Dan Geofisika, 11(1), 52–57. https://doi.org/10.31172/jmg.v11i1.62

Handoyo, E. (n.d.). Penerapan Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa.

Hardianti, S., Sari, R. K., Tanjung, L. S., Firdaus, M., Gustriana, E., Studi, P., Bidan, D. I. V, Kesehatan, F. I., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2023). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa dalam Konservasi Air di Asrama Madrasah Aliyah Darel Hikmah Pekanbaru. 3(2), 91–95.

Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115

Mardina Abdullah. (2016). Pemupukan Kemahiran Abad Ke-21 Melalui Aktiviti Pemantauan Cuaca Angkasa. Penerbit UKM, 361–368.

Moh. Febri Thalani. (2015). Anak Muda Indonesia dan Perubahan Iklim. Friedrich-Naumann-Stiftung Für Die Freiheit, 6.

Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 16–31. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1691

Rejekiningrum, P. (2014). Dampak Perubahan Iklim terhadap Sumberdaya Air: Identifikasi, Simulasi, dan Rencana Aksi. Jurnal Sumberdaya Lahan, 8(1), 1–15. http://go.worldbank.org/0F7PS203T0

Safitri, A., Habibi, H., & Matlubah, H. (2024). Literasi Lingkungan Siswa Smp Di Daerah Kepulauan. Prosiding SNAPP : Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 2(1), 295–307. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3149

Sani Susanti, F. A. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 86–93.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (mixed Methods).

Undang-undang (UU) Nomor 17. (2019). Sumber Daya Air. Pemerintah Pusat, 1–90.

Widjanarko, M., & Marliana, E. (2022). Perilaku ekologis kaum muda dalam pelestarian lingkungan di Pegunungan Muria. Jurnal Ecopsy, 9(1), 50. https://doi.org/10.20527/ecopsy.2022.03.005




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.499

Refbacks



Copyright (c) 2025 Ahmad Fauzan, Izzah Zanu Rusyda, Meyllinda Rizkya Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License