Penguatan Etika Profesi Guru dalam Proses Pembelajaran di SMA Kristen Palangka Raya

Triyani Triyani, Sintia Martogi Hutapea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis penguatan etika profesi guru dalam proses pembelajaran di SMA Kristen Palangka Raya. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi yang melibatkan beberapa guru mata pelajaran dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika profesi guru sejalan dengan visi dan misi sekolah yang menekankan iman, ilmu, dan pelayanan. Guru menerapkan nilai-nilai etis seperti tanggung jawab, kejujuran, kedisiplinan, dan keteladanan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Penguatan etika dilakukan melalui pembelajaran berbasis karakter, nilai-nilai religius, dan manajemen partisipatif sekolah. Temuan ini menunjukkan bahwa SMA Kristen Palangka Raya mengintegrasikan etika profesi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari peningkatan mutu pendidikan. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan, khususnya dalam aspek profesionalisme guru dan pendidikan karakter.

Keywords


etika profesi guru, proses pembelajaran, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W. (2016). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.

Firnando, H. G. (2023). Strategi keunggulan kepribadian efektif kepala sekolah dan profesionalisme guru sebagai fondasi pendidikan berkualitas. Jurnal Madinasika: Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 5(1), 13–21.

Fitria, H. (2020). Pendidikan karakter: Landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Fitria, H., & Yusuf, M. (2021). Keterampilan dasar guru dalam mengelola kelas: Perspektif etika dan praktik. Jurnal Studi Pendidikan, 17(2), 78–89.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Roma Sianturi, T. P., & Mariana Purba, H. (2024). Pendampingan dan pengembangan profesionalisme guru di era digital: Program berbasis kajian pustaka sistematis. Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1).

Sada Kurnia Pustaka. (2023). Etika & profesi keguruan. Sada Kurnia Pustaka.

Sarjana, S., Nur Khayati, S., & Etika, P. (n.d.). The effect of ethic, behaviour, and personality on teacher’s integrity (Vol. 1).

Simanjuntak, G., & Naibaho, D. (2024). Membangun pendidikan berkualitas: Peran kode etik guru. Jurnal Trust Pentakosta, 1(1).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Triyani Triyani, Sintia Martogi Hutapea

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License