Efektivitas LKPD Berbasis PBL pada Materi Asam Basa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase F SMA

Mellysa Maharani, Okta Suryani

Abstract


Tersedianya bahan ajar berupa LKPD kajian asam basa dengan model PBL yang dapat membantu memudahkan pelajar dalam memahami konsep nantinya, yang sudah dilaksanakan pengujian terhadap keabsahan dan kemudahan penerapannya namun belum diuji efektivitasnya terhadap prestasi akademik pelajar. Pengkajian ini dilaksanakan dengan maksud menentukan efektivitas dari penggunaan LKPD model PBL sebagai bahan ajar terhadap prestasi akademik pelajar pada kajian asam basa fase F SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Pengkajian ini termasuk Pengkajian percobaan yang merupakan lanjutan dari Pengkajian pengembangan oleh Yulinda Sari. teknik yang dimanfaatkan pada pengkajian ini yaitu teknik quasi experiment dengan desain pengkajian Non-equivalent control group design. Pengambilan informasi dalam pengkajian ini memakai instrumen pengkajian berupa 10 soal berganda dan 3 soal essay, kelompok individu pengkajian ini adalah fase F SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Teknik pengambilan model uji coba dilaksanakan dengan memakai Teknik purposive sampling yang disesuaikan mengacu pada tinjauan tertentu yaitu pengajar yang mengajar. model uji coba Pengkajian yaitu kelas kimia 4 sebagai kelas percobaan dan kelas kimia 2 sebagai kelas pembanding yang terdiri dari 29 siswa di masing-masing kelas. Data temuan pengkajian dievaluasi memakai uji n-gain dan uji hipotesis. mengacu pada temuan evaluasi data, diperoleh nilai n-gain pada kelas pembanding sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan kelas percobaan sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. temuan uji-t didapatkan nilai relevansi kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,012. Evaluasi data tersebut dapat dirangkum bahwa hipotesis diterima, artinya penggunaan LKPD berlandaskan Problem Based Learning pada kajian asam basa efektif mengoptimalkan prestasi akademik pelajar fase F SMA Negeri 1 Ampek Angkek.

Keywords


Efektivitas, LKPD, Problem Based Learning, Asam Basa, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amalia, F., & Andromeda, A. (2024). Efektivitas LKPD Asam Basa Berbasis PBL Terintegrasi Etnosains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase F SMA/MA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3853–3861. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7398

Ansariyah. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Di Kelas V SD Negeri 14 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. 9(11).

Arifa, F. A., Bukhori, I. B., & Inzah, M. I. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Taruna Dra Zulaeha Leces Probolinggo. Jurnal Pendidikan Agama Islam . https://doi.org/10.30659/jpai.6.1.36-44

Delpia Sari, N., Alim Marhadi, M., & Rudi, L. (2023). S A I N S Efektivitas Penerapan LKPD Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 12(2), 109. http://sains.uho.ac.id/index.php/journal

Handayani, & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu.

Isnaini, A. (2023). Efektivitas LKPD Problem Based-Learning Berbasis Etnosains Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Efektivitas LKPD Problem Based-Learning Berbasis Etnosains Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit.

Jansson, S., Söderström, H., Andersson, P. L., & Nording, M. L. (2015). Implementation of Problem-Based Learning in Environmental Chemistry. Journal of Chemical Education, 92(12), 2080–2086. https://doi.org/10.1021/ed500970y

Puspita Sari, D., & Mustika Dewi, R. (2017). Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 di MAN Mojosari.

Sari, Y., & Suryani, O. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Sekolah Penggerak Fase F SMAN 15 Padang Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Tambusai .

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sugiyono, Ed.). Alfabeta.

Yamani Noor, A., & Dedeh Kurniasih. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Sungai Raya. 7(1).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mellysa Maharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License