Hubungan antara Pemahaman Tentang Tata Tertib Asrama dan Kedisiplinan Siswa Asrama

Theresia Kris Kinanthi

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 68 siswa-siswi asrama SMA Sedes Sapientiae Bedono. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap tata tertib asrama, (2) mengukur tingkat kedisiplinan siswa terhadap tata tertib asrama, dan (3) mengetahui hubungan antara pemahaman siswa terhadap tata tertib asrama dengan kedisiplinan siswa. Kuesioner disusun peneliti yang terdiri dari enam aspek pemahaman (koefisien reliabilitas 0.949) dan empat aspek kedisiplinan (koefisien reliabilitas 0.991). Data dianalisis menggunakan kategorisasi dan uji regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pemahaman siswa terhadap tata tertib asrama menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang sangat tinggi (93.44%), kategori tinggi (6,55%). Sedangkan tingkat kedisiplinan siswa terhadap tata tertib asrama menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kedisiplinan sangat tinggi (70,49%), diikuti dengan kategori tinggi (27.86%) dan sedang (1.64%). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman tentang tata tertib dengan kedisiplinan siswa asrama (R = 0.843, F = 145.390), dan nilai p < 0.01. Nilai p dikatakan signifikan karena kurang dari 0.05.

Keywords


Pemahaman; Kedisiplinan; Asrama

Full Text:

PDF

References


Djiwandono, Sri Esti W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Grasindo

Arikunto, Suharsimo. (2008). Manusia dan Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Mabuka,O.(t.t.).https://jurnal.peneliti.net/in dex.php/JIWP, 7(2), April202

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Bloom, B. S. (Ed.). (1956). Taxonomy of Educational Objectives, Handbook 1: Cognitive Domain. New York: David McKay Company, Inc.

Soefandi, Indra dan Pramudya, Ahmad. (2014) Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Prijodarminto, S. (1993). Disiplin: Kiat menuju sukses / Soegeng Prijodarminto (Cet. ke-2.). Jakarta: Pradnya Paramita

Mamonto, Samuel, dkk (2023). Disiplin dalam Pendidikan. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup

Nanda, Yusma dan Suyanto, Totok (2019). Pembentukan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Pendidikan Karakter “Dedicate” di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7 (3), 1301-1315.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Theresia Kris Kinanthi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License