Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Wordwall Pada Pendidikan Pancasila Kelas 1C SD 1 Barongan

Khofiz Syinta Ursila, Fina Fakhriyah, Rizky Oktavian Saputra

Abstract


Motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang rendah disebabkan oleh kurang fokusnya peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 1C pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu Wordwall. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 26 peserta didik dengan variabel terikat motivasi belajar dan variabel bebas penggunaan model Problem Based Learning berbantu Wordwall. Instrumen dalam penelitian ini  adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kenaikan pada lembar observasi kegiatan pembelajaran dari pra-siklus 56%, siklus I 69 % dan siklus II 81%, sedangkan pada lembar angket mengalami kenaikan dari rata-rata prasiklus 59, siklus I sebesar 77 dan siklus II sebesar 93 dimana terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IC SD 1 Barongan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Aku Suka Gotong Royong menggunakan model Problem Based Learning berbantu Wordwall.

Keywords


Motivasi belajar, PBL, Wordwall

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khofiz Syinta Ursila, Fina Fakhriyah, Rizky Oktavian Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License